Rangkaian acara Ulang Tahun Perkakasku.com yang ke-10 diakhiri dengan acara Workshop Perkakasku.com X Dremel pada tanggal 20 Mei 2017. Workshop tersebut diselenggarakan di DiLo – Gedung Bale Motekar Padjadjaran Jl. Banda No. 40 Bandung. Pembicara pada acara ini adalah Maharlika Kumastyo perwakilan dari PT. Robert Bosch Indonesia dan Ozel – Waroq Rig yang merupakan Dremel KOL: Expert In PC Modification.

 

Workshop ini dibagi menjadi dua sesi, sesi 1 membahas mengenai PT. Robert Bosch Indonesia. Bosch merupakan perusahaan multinasional yang bergerak pada bidang teknik dan elektronika yang berkantor pusat di Gerlingan, dekat Stuttgart, Jerman. Divisi Power Tool pada Bosch Group merupakan pemimpin pasar dunia untuk power tool dan aksesoris power tool. Dengan merek seperti Bosch, Skil, dan Dremel, divisi ini menempatkan fokus terhadap pelanggan dan progres teknik.

Sesi 2 untuk workshop ini membahas tentang PC Modification. PC Modding adalah modifikasi yang dilakukan pada Personal ComputerPC Modification biasanya dilakukan pada casingkomputer dengan mengubah atau menambah beberapa bagian yang tujuannya untuk estetika dari casing tersebut. Sebutan bagi pelaku PC Modification biasa disebut dengan PC Modders, salah satunya adalah Waroq RIG, Ozel. Dia adalah seorang PC Modder sejak tahun 2005. Hingga sekarang sudah 170 Mod PC yang telah dikerjakan oleh Waroq RIG.Terdapat beberapa karya-karya inovatifnya yang dibuat menggunakan Dremel.

Memodifikasi komputer sama halnya seperti memodif motor, mobil, dan lain sebagainya. Pada umumnya PC Case itu berbentuk kotak, disinilah bagian PC yang dimodif, mulai dari sebagian kecil bahkan hingga seluruh bagian PC. Selain memodifikasi casing PC, Waroq RIG juga membuat casing sendiri. Dalam dunia modif ada 2 jenis, pertama Case Mod yakni casing yang ada dipasaran lalu dimodifikasi menjadi bentuk lain, kedua Case Skill yakni membuat casing dari yang biasa saja menjadi sebuah case yang berbeda dan berubah bentuk. Contoh untuk Case Mod yang berbentuk Lokomotif, sementara contoh untuk Case Skill adalah yang berbentuk Naga.

Selain memodifikasi PC, Waroq Rig juga suka memodifikasi Mod Vaping. Dalam memodifikasi PC, untuk menutupi kabel-kabel yang terdapat di dalam PC bisa menggunakan silicon. Perkakas Dremel yang biasa digunakan oleh Waroq Rig dalam memodifikasi PC diantaranya Dremel 3000, Dremel Versaflame, Dremel Moto-Saw.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here