Dalam membuat Fidget Spinner berbahan kayu, ada beberapa alat dan bahan yang harus kita persiapkan. Pertama kita pasti harus membutuhkan sepotong kayu, kayu yang bagus sebaiknya memiliki ketebalan 8mm dan pilih juga kayu yang padat. Bahan kedua yang perlu disiapkan adalah bearings, jenis yang kami gunakan adalah bearings 608. Bahan ketiga adalah Super Glue, dan bahan terakhir adalah kertas amplas dengan grade 80. Sementara untuk alat-alat yang digunakannya adalah Mesin Gergaji Scroll Saw, Anda bisa menggunakan Dremel Moto-Saw. Alat yang kedua adalah mesin bor yang digunakan untuk melubangi kayu.

  • Tahap 1 : Pola Fidget Spinner

    Buatlah pola dari Fidget Spinner yang Anda inginkan, Anda juga bisa mengunduh file pola tersebut disini. Setelah itu, tempelkan pola spinner menggunakan lem pada kayu yang telah disiapkan, lalu potong mengikuti pola menggunakan Moto Saw. Selain itu, kita perlu membuat lubang untuk memasukkan bearings menggunakan mesin bor.

  • Tahap 2 : Pengamplasan

    Setelah Anda selesai memotong sesuai dengan pola, sekarang beralih ke tahap pengamplasan. Siapkan kertas amplas grade 80, awali dengan berhati-hati ketika membuat lingkaran. Sekarang, waktunya untuk mengamplas sisi keseluruhan kayu, dengan cara yang sama menggunakan kertas amplas. Akan lebih mudah apabila Anda menggunakan kayu dengan ketebalan yang sudah ideal.

  • Tahap 3 : Pemolesan dan Pelapisan

    Langkah selanjutnya adalah untuk membuat lingkaran sempurna untuk bearings, hal ini sangat mudah dilakukan dengan kertas amplas. Anda bisa menggunakan kertas amplas grade kasar hingga grade lembut untuk proses pengerjaan akhir. Untuk pelapisan, Anda bisa menggunakan minyak, seperti minyak zaitun.

  • Tahap 4 : Menyiapkan Bearings

    Sambil menunggu minyak zaitunnya meresap, kita bisa menyiapkan bearing. Lepaskan pelindung debu dan bersihkan bearing dari oli atau minyak yang menempel, jangan lupa bersihkan bagian dalamnya juga ya!

 

  • Tahap 5 : Tempelkan Bearings

    Setelah minyak zaitun kering, kita bisa lem bearing tersebut ke fidget spinner kayu. Kami menggunakan superglue, agar tidak perlu menunggu terlalu lama.

  • Tahap 6 : Selesai

    Dan jadilan Fidget Spinner buatan Anda sendiri! Selamat mencoba 🙂

Sumber :

http://www.instructables.com/id/Wooden-Fidget-Spinner/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here