Genset (generator set) adalah sebuah perangkat yang berfungsi menghasilkan daya listrik. Disebut sebagai generator set dengan pengertian adalah satu set peralatan gabungan dari dua perangkat berbeda yaitu engine dan generator atau alternator. Engine sebagai perangkat pemutar sedangkan generator atau alternator sebagai perangkat pembangkit listrik. Engine dapat berupa perangkat mesin diesel berbahan bakar solar atau mesin berbahan bakar bensin, sedangkan generator atau alternator merupakan kumparan atau gulungan tembaga yang terdiri dari stator ( kumparan statis ) dan rotor (kumparan berputar). Dalam perawatan genset, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :

  1. Pemahaman manual text book

    Ketika Anda membeli genset, pastikan orang yang mengoperasikannya paham betul metode pemakaian mulai dari cara menghidupkan genset, cara mengisi oli, menstabilkan aki, maupun metode lainnya sesuai dengan manual text book yang diberikan. Dengan demikian, resiko kerusakan akibat salah penggunaan bisa diminimalisir dengan baik.

  2. Pemasangan kabel yang benar

    Ketika Anda harus merakit sendiri gensetyang Anda beli, pastikan seluruh kabel yang menjadi pelengkap gensetterpasang dengan benar. Pastikan seluruh kabel terpasang kuat dan tidak kendor sehingga tidak akan terjadi bahaya seperti konsleting atau kebakaran. Terkait dengan kabel, jangan sampai Anda menyentuh terminal output yang ada di mesin, terlebih ketika genset sedang beroperasi, karena hal tersebut bisa menyebabkan Anda tersengat arus listrik yang cukup tinggi. Saat Anda ingin memasang kabel power, Anda bisa mematikan MCCB terlebih dahulu.

  3. Posisi genset

    Ketika Anda membeli genset, letakkan alat tersebut di area terlindung yang tidak akan menimbulkan polusi suara, polusi udara maupun kejadian berbahaya lainnya. Berikut adalah beberapa hal terkait peletakan genset yang harus Anda perhatikan, diantaranya :

    • Jangan letakkan genset di lokasi yang lembab, pastikan ada sirkulasi udara yang baik meski genset diletakkan didalam ruangan. Dengan demikian, suhu mesin dapat terjaga tetap dingin dan tidak ada gas berbahaya yang terhirup pernafasan meski tidak sengaja.

    • Ketika genset diletakkan di dalam ruangan, pastikan ruangan tersebut bersih sehingga tidak ada hama pengerat yang bisa merusak instalasi kabel genset.

    • Ketika genset diletakkan di luar ruangan, pastikan ada kanopi yang akan melindungi genset dari tekanan udara yang berubah-ubah maupun hujan. Hal ini karena tetesan air hujan bisa menyebabkan konsleting atau kerusakan di bagian mesin.

    • Letakkan genset di area yang memiliki permukaan rata dan pondasi yang kuat agar ketika terjadi getaran akibat gempa atau getaran mesin genset tidak akan mudah rusak karena pondasi lantai yang mulai bergelombang.

  1. Menjaga kebersihan

    Hal berikutnya yang dapat Anda terapkan untuk menjaga agar genset tetap awet dan tahan lama adalah menjaga kebersihan genset. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan terkait pemeliharaan kebersihan, yaitu :

    • Posisi kabel genset yang tetap terlihat tertata rapi, tanpa ada lecet, bekas mengelupas, kabel kendor, ataupun kebocoran akibat keratan hama yang bisa menyebabkan konsleting pada genset.

    • Pastikan radiator pada genset tetap bersih tidak terkontaminsi debu atau kotoran yang menempel di permukaan seal.

    • Pastikan permukan-permukaan genset tetap bersih dengan cara mengelapnya atau melakukan usaha pembersihan untuk menghindarkan beberapa bagian genset dari karatan.

  1. Pengisian bahan bakar

    Ketika Anda menggunakan bensin sebagai bahan bakar genset, jangan lupa bahwa bensin adalah cairan yang juga mudah terbakar. Oleh karena itu, ketika Anda mengisikan bensin, sebaiknya landasi bagian-bagian tertentu dengan kain tebal agar bensin tidak mengotori genset dan tidak menyebabkan bau menyengat yang mengganggu pernafasan Anda.

  2. Perawatan berkala

    Buatlah list perawatan berkala terkait bagian-bagian pada genset yang harus dirawat untuk periode harian hingga tahunan. Contohnya sebagai berikut :

    Jenis Perawatan

    Waktu Perawatan

    Harian

    Mingguan

    Bulanan

    6 Bulan

    Tahunan

    Inspeksi

    Periksa Level Coolant

    Periksa Level Oli

    Periksa Level Solar

    Periksa Saluran Udara

    Periksa / Bersihkan Filter Udara

    Periksa Charger Baterai

    Buang Solar Pada Filter

    Buang Air Pada Tangki Solar

    Periksa Konsentrat Coolant

    Periksa Tegangan Belt

    Periksa Pengembungan Knalpot

    Ganti Oli & Filter

    Ganti Filter Coolant

    Bersihkan Crankcase Breather

    Ganti Filter Udara

    Periksa Selang Radiator

    Ganti Filter Solar

    Bersihkan Sistem Pendingin

  3. Gunakan sistem grounding

    Sistem grounding adalah sistem yang digunakan untuk menstabilkan kelebihan arus listrik yang mungkin terjadi karena ada pergesekan medan magnet pada genset. Dengan penerapan sistem grounding yang baik Anda akan bisa merawat genset berbahan bakar bensin agar lebih tahan lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.