Spray gun merupakan alat yang digunakan untuk mengatomisasi cat pada suatu permukaan yang menggunakan udara bertekanan. Prinsip dari spray gun sama seperti halnya pada atomisasi. Apabila udara bertekanan dikeluarkan dari lubang udara terhadap air cap, maka suatu tekanan negatif akan timbul pada ujung fluida, yang setelah itu menghisap cat pada cup. Lalu cat yang dihisap ini disemprotkan sebagai cat yang diatomisasi (dikabutkan) oleh tekanan udara pada lubang didalam air cap.

  • Bagian – Bagian Spray Gun
Spray Gun Meiji Original Jepang
  1. Cup
  2. Tabung / tangki Cat
  3. Pengatur Bentuk Pancaran Cat
  4. Pengatur Volume (Output) Cat
  5. Jarum Nozzle
  6. Air Nozzle
  7. Handle
  8. Pengatur Tekanan Udara
  9. Input Udara

Tidak semua spray gun memiliki pengatur tekanan udara masuk (no 8). Tetapi Anda bisa memasang alat bernama pressure regulator pada bagian bawah (lubang angin) spray gun.

  • Jenis – Jenis Spray Gun
Meiji F-75S Spray Gun

Suction Feed-Pada spray gun dengan tipe suction feed, tabung terdapat pada bagian bawah spray gun. Spray gun jenis ini membutuhkan banyak energi/angin untuk dapat menghisap dan menyemburkan cat, selain itu karena bodynya yang besar spray gun jenis ini tidak cocok untuk mengecat permukaan-permukaan kecil yang sempit. Kelebihan dari spray gun jenis ini adalah dapat menampung banyak cat sehingga cocok untuk pengecatan dengan bidang yang besar, seperti tembok, pagar.

Meiji F110G-G134GD – Original Jepang Spray Gun

Gravity FeedPada spray gun dengan tipe gravity feed, karena tabung terletak pada bagian atas spray gun maka cat akan keluar melalui nozzle dengan sendirinya dan angin hanya berfungsi untuk menyemburkan cat sehingga tidak menghabiskan banyak angin. Ini adalah jenis spray gun yang paling sering digunakan untuk mengecat mobil, motor dan lain-lain.

Nozzle pada spray gun memiliki ukuran yang berbeda-beda, tergantung bidang apa yang akan dicat dan seberapa kental cat yang akan disemprotkan. Ukuran nozzle juga mempengaruhi besar pola semburan cat, jika bidang yang akan di cat kecil gunakanlah spray gun dengan ukuran kecil dan begitu pula sebaliknya. Spray Gun Original Jepang dari Meiji memiliki ukuran nozzle 1.5 mm , sedangkan Spray Gun Meiji F-75S memiliki ukuran nozzle 1.3 mm.

  • Cara Menyetel dan Menggunakan Spray Gun
Spray Gun Einhill FR-300

Apapun jenis spray gun, cara menyetel dan menggunakan spray gun pada dasarnya semua sama. Untuk mendapatkan setelan yang maksimal, Anda perlu mencoba berulang-ulang. Dengan berbedanya kekentalan cat, maka akan berbeda pula dalam hal menyetelnya.

  1. Atur tekanan angin output pada kompresor menjadi 26 psi atau sesuai dengan buku manual yang terdapat saat membeli spray gun, lalu pasang spray gun pada selang kompresor.
  2. Masukan cat kedalam tangki, lalu tutup.
  3. Setel knob untuk mengatur jumlah cairan yang akan keluar dari nozzle. Putar searah jarum jam untuk mengecilkan dan putar berlawanan jarum jam untuk memperbanyak.
  4. Setel tekanan angin yang masuk kedalam spray gun. Disini dibutuhkan trial dan error untuk mendapatkan hasil penyemburan yang pas. Prinsipnya adalah jika terlalu banyak angin maka cat akan menjadi kabut dan berbintik-bintik, sehingga cat menjadi boros dan hasil tidak akan bagus. Sebaliknya, jika terlalu sedikit angin maka cat tidak akan menyembur dengan sempurna.
  5. Setel knob untuk mengatur luas semburan cat. Putar knob searah jarum jam untuk mengecilkan luas semburan dan putar berlawanan arah jarum jam untuk memperbesar luas semburan. Sebelum mengecat pada bidang yang akan dicat, tes terlebih dahulu hasil semburan cat pada kertas atau koran.
  • Permasalahan Umum pada Spray Gun
  1. Cat tidak keluar, sementara angin keluar dari tangki cat. Penyebabnya adalah nozzle buntu dan cat terlalu kental.
  2. Cat menetes saat disemburkan. Penyebabnya adalah tekanan angin kurang atau nozzle bocor/kotor.
  3. Hasil cat terlalu tebal. Penyebabnya adalah cat yang keluar dari nozzle terlalu banyak.
  • Cara Perawatan Spray Gun

  1. Setelah menggunakan spray gun, kosongkan tabung spray gun yang berisi cat.
  2. Cuci tabung spray gun dan gun spray flasing menggunakan thiner A special, secara berulang kali hingga keluar warna thiner bening (bukan warna cat yang sudah habis pakai).
  3. Buka tabung spray gun dan kondisikan pada posisi terbalik (agar sisa cairan menetes keluar).
  4. Buka air cup bersihkan menggunakan sikat halus dan thiner.
  5. Bersihkan nozzle menggunakan sikat halus dan flasing berulang kali.
  6. Bersihkan alur lubang isian cat dari gumpalan material (pada dasarnya cat epoxy, sanding polytur). Ini sering terjadi pada bagian tabung atas.
  7. Bersihkan body / casing spray gun menggunakan sikat halus dan thiner.
  8. Jangan terbiasa merendam unit spray gun kedalam kubangan thiner (ini akan mengakibatkan seal / segel rapuh, mati elastisitasnya, dan mengakibatkan kebocoran sehingga tidak sempurna saat digunakan lagi).
  • Cara Memilih Spray Gun yang Berkualitas

Spray Gun Meiji R2

Pilih spray gun sesuai dengan kegunaan, misalnya untuk ukuran spray gun tergantung pada kekuatan kompresor, semakin besar nozzlenya akan semakin besar juga angin dari kompresor yang diperlukan. Jika hanya untuk mengecat sepeda motor cukup memakai Meiji R2 sudah cukup halus, dengan kompresor 1 HP, atau memakai spray gun yang seukuran itu misalnya Einhil, jika untuk mobil disarankan memakai spraygun yang nozzlenya besar, tetapi kalau hanya diperlukan untuk mengecat goresan/lecet sedikit cukup dengan memakai nozzle kecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here