Memasuki era teknologi tinggi penggunaan alat-alat pertanian dengan mesin yang modern membantu percepatan proses pengolahan produksi pertanian. Salah satu alat yang umum dan paling sering digunakan adalah Traktor. Traktor merupakan sebuah alat bermesin yang memiliki kemampuan untuk mengolah tanah. Fungsi traktor sekarang telah menggantikan fungsi tenaga hewan seperti sapi dan kerbau dalam pengolahan tanah.

Mengolah lahan untuk budidaya aneka tanaman hortikultura di area berbukit membutuhkan mesin pembajak tanah atau traktor dengan spesifikasi yang tepat. Berbeda dengan lahan pertanian sawah padi secara umumnya terletak di area yang datar, sehingga dalam memilih mesin traktor bukan suatu masalah. Namun, pada kondisi lahan pertanian terasering atau lahan di lereng-lereng perbukitan membutuhkan traktor bertenaga besar, tetapi mempunyai ukuran fisik yang kecil.  Traktor tangan dimensi kecil merupakan pilihan tepat untuk digunakan dalam kerja penggemburan lahan atau membajak tanah pertanian terasering. Sebelum memutuskan untuk membeli mesin traktor tangan, adapun beberapa ciri traktor tangan yang sesuai untuk lahan lereng bukit dan lahan sempit sebagai berikut :

Sumber : Perkakasku.com
  • Traktor memiliki bobot ringan
  • Memiliki mesin handal
  • Ukura yang tidak terlalu besar
  • Body atau kerangka yang kokoh
  • Mudah dalam pengoperasian dan perawatan

Traktor tangan memiliki berbagai macam bahan bakar, ada yang menggunakan solar, bensin, dan minyak tanah atau kerosin. Selain itu, traktor tangan dapat dibedakan dari besarnya daya motor, Traktor tangan berukuran kecil memiliki tenaga penggerak < 5 Hp, yang sedang bertenaga penggerak 5-7 Hp, dan yang besar dengan tenaga penggerak 7-12 Hp.

Jadi, bagi Anda yang sedang mencari perkakas untuk kebutuhan pertanian bisa mencarinya di Perkakasku.com, salah satunya adalah Mesin Traktor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here