Sudah ada banyak orang yang mendekorasi dinding rumah mereka dengan ubin. Menurut sebagian orang, dekorasi dengan ubin dinding akan menjadikan rumahnya terlihat lebih indah dan mewah. Dekorasi dinding dengan ubin memang membantu ruangan terlihat lebih cantik. Apalagi untuk area yang rawan rembesan air, misalnya dinding yang berhimpitan dengan atap rumah sebelah, ubin dinding membantu mengurangi rembesan tersebut. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat dekorasi rumah menggunakan ubin dinding.

Dekorasi dengan ubin dinding tidak bisa disamakan dengan ubin lantai

Sumber : Perkakasku.com

Ubin yang seharusnya di lantai digunakan sebagai ubin dinding. Tentu hasilnya kurang menarik, malah terkesan jelek. Ada ubin khusus untuk dinding dengan desain yang dirancang secara khusus. Untuk dinding Anda, gunakan ubin panel dinding yang saat ini sudah banyak diproduksi, di antaranya adalah ubin batu alam, ubin bertekstur, dan ubin dengan permukaan bergelombang sesuai motif yang ingin ditampilkan. Ubin dinding di dalam rumah (kecuali di kamar mandi) pun sebaiknya tidak memenuhi semua permukaan dinding, melainkan hanya sebagai aksen saja yang mempercantik interior. Kalau terlalu memenuhi semua permukaan dinding, dikhawatirkan malah akan menciptakan kebosanan.

Pemasangan ubin memiliki kesulitan tersendiri

Sumber : Perkakasku.com

Ubin merupakan aksen terpenting di dalam sebuah bangunan, baik itu peletakan di lantai atau dinding. Memasang sebuah ubin keramik atau porselen dapat digolongkan sebagai pekerjaan yang cukup menantang, tetapi dengan perencanaan dan persiapan yang memadai, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Memasang ubin sendiri tentu akan lebih murah dibandingkan harus menyuruh tukang yang lebih professional. Pengeluaran Anda tentu bisa diperkecil jika dipersiapkan dan direncanakan dengan baik.

Sumber : Perkakasku.com

Pengerjaan yang efektif dan efisien diperlukan agar hasilnya maksimal. Anda bisa menggunakan laser ubin untuk mempermudah pengerjaannya. Tersedia berbagai macam tipe, harga, dan fungsi Rotary Laser Level yang telah beredar di pasaran. Masing-masing memiliki spesifikasi yang berbeda, tergantung objek yang akan diukur. Salah satu tipe yang sering digunakan ialah Bosch GTL 3 Tile Laser, harganya relatif terjangkau. Tidak sebatas masalah harga yang ekonomis, melainkan fungsinya yang sangat penting.

Bosch GTL 3 merupakan alat bantu yang sangat praktis untuk pemasangan ubin. Selain 2 buat laser dengan sudut 90°, alat ini memberikan laser sudut 45° membantu pelurusan dan pemasangan ubin dengan cepat. Bosch GTL 3 memiliki akurasi yang tinggi yaitu 0.2 mm/m dan memiliki desain yang ringkas dan ringan untuk kemudahan pemakaian yang optimal. Alat ini memiliki radius hingga 20 meter dengan durasi pengoperasian hingga 18 jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.