Pelanggan Adalah Raja”, kalimat tersebut mungkin merupakan hal fundamental yang diajarkan dari setiap bisnis, karena dalam membangun bisnis menghargai pelanggan adalah suatu keharusan.

 

Pada tahun 2003, Handi Irawan yang merupakan salah satu pebisnis sukses di Indonesia menggagas Hari Pelanggan Nasional, banyak pihak yang langsung mendukung ide tersebut. Ketika itu Handi Irawan menginginkan setiap perusahaan dan setiap pebisnis di Indonesia mengutamakan pelanggan. Beberapa perusahaan memang memandang remeh pelanggan yang boleh jadi karena kedudukan perusahaan selalu ada di atas pelanggan atau bisa juga karena mereka tidak pernah bisa memahami pelanggan. Harapan pelanggan yang selalu meningkat membuat semua pelanggan tidak pernah sepakat untuk mengatakan bahwa mereka benar-benar terpuaskan. Oleh karena itu, Hari Pelanggan Nasional dapat menjadi momen yang tepat untuk memompa semangat perusahaan dalam memuaskan pelanggan.

Akhirnya pada 4 September, Presiden Republik Indonesia pada saat itu yaitu Megawati Soekarnoputri meresmikan setiap tanggal 4 September merupakan Hari Pelanggan Nasional. Hari Pelanggan Nasional bukan hanya sekedar hari-hari biasa, tetapi ini mengingatkan kepada pebisnis untuk mengingat bahwa kepuasaan pelanggan merupakan faktor pendukung dari pelayanan yang bagus, produk yang baik serta keuntungan yang berlipat. Semua faktor tersebut akan saling berkaitan,dan faktor utamanya adalah kepuasaan pelanggan.

Sumber : haripelanggan.com

Hari Pelanggan Nasional memiliki logo atau maskot khusus. Logo yang digunakan adalah logo yang melambangakan senyum manusia dengan dasar warna hijau. Logo yang dikarang oleh salah satu The Best Ad Designer di Indonesia ini mewakili sebuah senyuman manusia yang tulus dan menandakan sebuah kepuasan. Pemilihan warna hijau menggambarkan kesejukan, rasa bersahabat dan keramahan, sedangkan pemilihan tipologi huruf kecil melambangakan sifat kerendahan hati dan keinginan untuk selalu berkembang.

Referensi :

http://haripelanggan.com/

https://seekmi.wordpress.com/2015/09/04/selamat-hari-pelanggan-nasional/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here