Mesin cut off merupakan sebuah gergaji kasar, juga dikenal sebagai gergaji potong atau gergaji adalah alat listrik yang biasanya digunakan untuk memotong bahan keras, seperti logam, genteng, dan beton. Tindakan pemotongan dilakukan dengan cakram abrasif, mirip dengan roda gerinda tipis. Secara teknis ini bukan gergaji, karena tidak menggunakan tepi gigi (gigi) secara teratur untuk memotong.

Gergaji ini tersedia dalam sejumlah konfigurasi, termasuk top table, tangan bebas, dan walk-behind. Pada model top table biasa digunakan untuk memotong genteng dan logam, roda pemotong dan motor dipasang pada lengan berputar yang menempel pada pelat dasar tetap. Model ini bertenaga listrik dan umumnya memiliki built-in vise atau penjepitan lainnya. Sementara untuk desain tangan bebas biasanya digunakan untuk memotong beton, aspal, dan pipa pada lokasi konstruksi. Model ini dirancang dengan gagang dan motor di dekat operator, dengan pisau di ujung gergaji. Tipe Cut Off ini tidak menonjolkan vise, karena bahan yang dipotong lebih besar dan lebih berat. Dan untuk model walk-behind atau gergaji rata adalah gergaji besar yang menggunakan dudukan atau gerobak untuk memotong lantai beton serta bahan paving aspal dan beton.

Sumber : Perkakasku.com

Dalam penggunaan mesin Cut Off ini tidak terlalu sulit, namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menggunakannya. Berikut ini langkah kerja dalam penggunaan mesin Cut Off :

  1. Pastikan Anda telah memakai peralatan safety, antara lain sarung tangan, masker, kaca mata, dan sepatu safety. Dalam bekerja harus mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Jika Anda ingin aman dalam bekerja, utamakan safety first.
  2. Pasangkan benda yang ingin Anda potong pada mesin cut off, pasangkan pada ragum, lalu diikat dengan kuat agar benda yang mau dipotong tidak lepas atau goyang ketika proses pemotongan.
  3. Pastikan kabel listrik mesin cut off telah terhubung pada stop kontak, lalu tekan tombol ON.
  4. Letakkan tangan kiri Anda pada gagang mesin cut off dan tekan tombolnya, lalu mata besi (roda potong) akan berputar kencang, lalu tekan gagang cut off kebawah sehingga mata potong gerinda bisa mengenai benda yang akan dipotong.
  5. Tekan dengan perlahan-lahan selagi roda gerinda berputar, sehingga benda jadi terpotong.
  6. Lakukan tahap tersebut sesuai kebutuhan Anda.
Sumber : Perkakasku.com

Jadi, kalau Anda mencari Mesin Cut Off yang berkualitas dengan harga terjangkau, langsung saja kunjungi Perkakasku.com karena banyak pilihan Mesin Cut Off yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here