Seperti halnya mendirikan sebuah bangunan, dalam proses pembuatan sebuah furniture pun membutuhkan berbagai aspek sebagai penunjang. Selain bahan baku yang berkualitas, kelengkapan alat petukangan yang tersedia pun menjadi faktor penting ketika seorang perajin/ tukang membuat furniture di bengkel kerjanya. Jika selama ini Anda hanya mengenal meja dan kursi yang sudah siap pakai, maka uraian berikut dapat memberi sedikit gambaran mengenai proses yang harus dilalui sebelum akhirnya semua furniture minimalis ini siap dipasarkan.

1. Sander Machine

Sander machine dikenal juga sebagai mesin amplas, sebuah alat yang digunakan untuk menghaluskan bagian permukaan. Mesin ini menggunakan mekanisme bertenaga listrik untuk menggerakkan motornya. Salah satu yang direkomendasikan adalah Mesin Amplas Tekiro Ryu ROS 13-1A yang memiliki ukuran pad cukup panjang yaitu 90mm x 187mm dengan ukuran kertas amplas 90 mm x 228 mm. Mesin Amplas ini merupakan mesin amplas yang dapat digunakan untuk mengamplas kayu atau besi. Dengan daya listrik 180 Watt, ROS 13-1A menghasilkan getaran 10000 rpm per menit.

Sumber : Perkakasku.com

2. Drilling Machine

Drill atau lebih dikenal dengan mesin bor adalah salah satu alat yang paling sering digunakan di bidang pertukangan. Mesin ini biasanya digunakan untuk membuat atau memperbesar lubang pada kayu atau dinding. Cara kerjanya menggunakan mesin berputar yang ditenagai oleh listrik. Salah satu mesin bor yang bisa menjadi pilihan adalah adalah Bosch GBM 350 Professional, dengan daya listrik 350 Watt mesin bor ini dapat mengebor kayu hingga 20 mm. Selain itu juga, mesin bor ini merupakan salah satu mesin bor yang dapat mengebor 3 jenis material, diantaranya Kayu, Besi ,dan Alumunium. Dengan kecepatan tanpa beban yang dapat diatur mulai dari 0 hingga 2800 rpm, dan arah putaran dapat diatur bolak balik. Mesin bor ini sangat cocok digunakan dalam pekerjaan ataupun hobi dan merupakan salah satu perkakas wajib dimiliki di rumah Anda.

Sumber : Perkakasku.com

3. Table Saw

Seperti namanya, table saw atau meja gergaji adalah sebuah meja kerja yang dilengkapi alat pemotong pada mekanismenya. Alat potong berupa gergaji ini bertenaga listrik dan bergerak secara otomatis, sementara penggunanya bebas untuk menggerakkan kayu atau benda yang akan dipotong sesuai dengan desain atau rancangan yang sudah ditetapkan. Salah satu meja gergaji yang disarankan adalah Stanley STST1825 Table Saw 10”, yang dapat digunakan untuk memotong pada posisi miring hingga 45 derajat. Stanley STST1825 merupakan mesin gergaji meja dengan motor bertenaga 1800 Watt dengan motor yang dapat berputar hingga 4800 rpm, serta kapasitas memotong kayu hingga 76 mm. Table saw ini dilengkapi dengan Rip Fence yang bisa diatur dan mudah dikendalikan, dilengkapi juga dengan roda untuk kemudahan pemindahan. Stanley merupakan merk yang dimiliki oleh Stanley Black & Decker.

Sumber : Perkakasku.com

4. Spray Gun

Spray Gun adalah alat yang biasa digunakan untuk menyemprotkan cat cair kepada sebuah bidang permukaan. Alat ini bisa menjadi pengganti kuas cat yang relatif lebih memerlukan tenaga untuk digunakan. Biasanya alat ini ditenagai oleh udara yang diberi tekanan, dimana tekanan itu diperoleh dari mesin kompresor. Gunakan Spray Gun Meiji F-75G yang bertipe High Pressure dengan jenis tabung atas yang efisien dalam penggunaan cat. Spray Gun Meiji F-75G memiliki kapasitas tangki hingga 400 cc dengan lebar pola yang dihasilkan 150-180 mm.

Sumber : Perkakasku.com

5. Air Compressor

Air Compressor adalah mesin yang digunakan untuk memberi tekanan pada udara, yang nantinya dapat digunakan untuk berbagai hal. Air Compressor inilah yang menjadi sumber tenaga pada Spray Gun dan beberapa mesin lainnya. Air Compressor terbagi dalam beberapa jenis, salah satunya adalah Compressor Direct Lakoni Imola 125 yang bertenaga 1 HP, yang sangat cocok untuk digunakan dalam pembuatan furniture. Lakoni Imola 125 adalah compressor berjenis direct driven yang memiliki daya listrik 750 watt. Kompresor ini mampu memberikan aliran udara 145 liter per menit dengan tekanan 8 bar, serta memiliki kapasitas tangki hingga 25 liter.

Sumber : Perkakasku.com

6. Block Plane

Block Plane atau dalam bahasa Jawa dikenal sebagai Pasah, adalah alat yang digunakan untuk membentuk sebuah balok kayu. Membentuk di sini bisa berarti banyak hal, seperti mengurangi ketebalan, menghaluskan permukaan yang kasar, atau bahkan untuk memberikan aspek dekorasi. Kini Block Plane juga tersedia dalam bentuk mesin, salah satunya Mesin Ketam Makita 1805N yang membantu Anda menyerut kayu lebih cepat tanpa terlalu banyak tenaga yang dikeluarkan. Makita 1805N merupakan mesin ketam atau planer yang berfungsi untuk meratakan atau menyerut permukaan kayu. Masih diproduksi oleh pabrik Makita di Jepang, mesin ini memiliki daya listrik 1140 Watt dan kecepatan tanpa beban 15000 rpm. Mesin ini memiliki body dari metal, sehingga sangat kokoh dan tahan lama. Lebar permukaan yang dapat diratakan 155 mm hingga kedalaman 2 mm, selain itu mesin ini memiliki panjang hingga 445 mm. Mesin yang ringkas dan bertenaga cocok untuk semua pekerjaan berat untuk konstruksi, pembuatan pintu dan furniture, hobby, dan lain-lain.

Sumber : Perkakasku.com

7. Trimmer Machine / Router Machine

Kedua mesin ini wajib dimiliki untuk pengerjaan kayu atau furniture. Fungsi dari kedua alat tersebut adalah untuk merapikan sambungan kayu dan membuat profil, lengkungan pada sisi kayu, membuat purus dan lubangnya dan membuat celah sambungan seperti rabbet dan dado. Mesin Trimmer memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan Mesin Router untuk pemilihan kedua mesin tersebut tergantung pada kebutuhan. Mesin Trimmer Maktec MT370 adalah mesin pembuat profil pada kayu. Mesin ini cocok untuk mengerjakan papan lantai balkon dan langkan, membuat dudukan engsel, pekerjaan dekoratif pada pinggiran, pemotongan alur, pemotongan dovetail, celah jendela dan lainnya. Mesin ini memiliki daya listrik 440 Watt dengan kecepatan tanpa beban 35000 rpm.

Sumber : Perkakasku.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here