Mesin trimmer dan mesin router merupakan salah satu mesin yang wajib dimiliki untuk pengerjaan kayu atau furniture, seperti yang pernah dibahas pada blog sebelumnya yang berjudul Perkakas untuk Furniture Minimalis. Kedua mesin tersebut memiliki prinsip kerja yang hampir sama, hanya saja dari segi ukuran mesin router lebih besar dibanding dengan mesin trimmer. Fungsi dari kedua alat tersebut adalah untuk merapikan sambungan kayu dan membuat profil, lengkungan pada sisi kayu, membuat purus dan lubangnya, serta membuat celah sambungan seperti rabbet dan dado.  Mata trimmer dapat diganti-ganti sesuai dengan profil yang diinginkan.

Sumber : Perkakasku.com
Sumber : Perkakasku.com

Di pasaran terdapat puluhan jenis mata trimmer, tetapi 2 jenis mata trimmer ini adalah yang umumnya digunakan. Sebelah kiri “straight bitbiasanya digunakan pada pengerjaan HPL, untuk mengikis sisa-sisa bahan yang menonjol. Sebelah kanan adalah beading bit”, di mana mata trimmer ini berguna untuk membuat profil seperti bingkai pigura, list meja, dan lain-lain.

Cara pemasangan dan penggunaan mesin trimmer kemungkinan berbeda-beda tiap mereknya, untuk lebih lengkapnya bacalah buku manual yang didapatkan saat Anda membeli mesin trimmer. Sebelum Anda memasang, pastikan steker atau colokan mesin trimmer tidak terhubung dengan arus listrik agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Pastikan Anda memakai perlengkapan pengaman yang diperlukan saat menggunakan mesin trimmer.

Sumber : Perkakasku.com

Berikut ini gambaran untuk cara penggunaan mesin trimmer. Pertama nyalakan saklar yang terdapat pada bagian atas trimmer, lalu perlahan-lahan gerakan mesin pada kayu yang ingin dibuat profil. Bearing yang terdapat pada bagian bawah mata trimmer berfungsi sebagai stopper untuk mendapat hasil potongan yang konsisten dan rapi. Setelah selesai menggunakannya jangan lupa untuk mencabut steker dari stop kontak dan bersihkan mesin dari debu menggunakan kuas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.