Hari Lebaran sudah dekat nih. Apakah Anda akan mempersiapkan hidangan untuk disantap di Hari Raya nanti? Atau mungkin kue-kue sebagai cemilan saat kumpul bersama keluarga nanti? Hidangan yang disiapkan sendiri tentunya akan mempunyai ciri khas tersendiri bukan? Mengingat ternyata setiap keluarga-pun mempunyai tradisi lebaran yang berbeda satu sama lainnya.

Salah satu tradisi keluarga pada saat Hari Raya Idul Fitri adalah Halal Bi Halal. Halal Bi Halal adalah istilah untuk saling mengunjungi teman, tetangga, dan sanak saudara untuk saling bermaaf-maaf-an. Saat rumah Anda dikunjungi oleh teman, tetangga, dan sanak saudara, tentunya Anda ingin menyambut kehadiran mereka dengan beberapa santapan ringan bahkan santapan berat kan? Untuk hal tersebut, lebih baik Anda sudah mempersiapkan dari jauh hari, untuk hidangan apa saja yang akan Anda hidangkan pada hari raya tersebut.

Tradisi Hari Lebaran lainnya adalah membuat kue. Apakah Anda juga mengikuti tradisi membuat kue? Pada hari raya, biasanya setiap keluarga menyiapkan beberapa kue kering sebagai cemilan untuk tamu yang datang ke rumah Anda. Kue-kue yang sudah biasa dihadirkan di rumah pada saat lebaran adalah kue nastar, lidah kucing, kaastangel, putri salju, cheese stick, dan masih banyak lagi. Berikut kami akan sampaikan resep untuk membuat Kue Kaastangel dengan menggunakan Kenwood HM400 Hand Stand Mixer. Yuk, kita simak!

Kue Kaastangel telah menjadi salah satu kue kering ikon di hari raya. Tak lengkap rasanya hari raya tanpa ada toples berisi kue kastengel. Untuk adonan kue ini biasanya menggunakan keju edam, namun jika keju edam sulit ditemukan, keju cheddar pun bisa digunakan. Agar tidak hancur saat dipanggang, berikan jarak yang cukup antar kue sehingga panas oven bisa merata. Berikut resepnya, silahkan disimak 🙂

Bahan-bahan:

  • 250 gram mentega

  • 300 gram tepung terigu protein sedang

  • 1 butir telur

  • 100 gram keju edam parut

  • 3 kuning telur, untuk olesan

  • margarin secukupnya untuk olesan

Cara membuat:

  1. Masukkan mentega ke dalam wadah mixer dan kocok dengan mixer kecepatan rendah sampai adonan menjadi lembut dan berwarna pucat, tambahkan kuning telur sedikit demi sedikit hingga merata. Gunakan Kenwood HM400 Hand Stand Mixer untuk hasil terbaik.

  2. Tingkatkan kecepatan mixer menjadi kecepatan sedang dan kocok selama 10 menit, setelah 10 menit berlalu turunkan kecepatan dan masukan parutan keju lalu kocok adonan sampai adonan tercampur rata dan matikan mixer.

  3. Masukan tepung terigu, aduk perlahan dengan sendok kayu hingga tercampur rata.

  4. Giling adonan dengan ketebalan ½ cm, potong-potong dengan lebar ½ cm panjang 2 cm. Letakkan dan susun di dalam loyang yang telah diolesi margarin.

  5. Olesi atasnya dengan kuning telur, taburi keju parut. Panggang dengan suhu 160C selama 25 menit hingga berwarna kuning kecokelatan dan kering. Angkat dan biarkan dingin, lalu simpan di dalam toples kedap udara.

Kenwood HM400 Hand Stand Mixer ini memiliki fitur 5 kecepatan, automatic rotating bowl, twin beaters, dan twin kneaders. Daya listrik yang dibutuhkan Hand Stand Mixer ini adalah 180 watt dengan material body dan mangkok berupa plastik.

Minuman segar dan menyehatkan juga dibutuhkan sebagai hidangan di hari raya untuk menetralisir makanan yang kita konsumsi pada hari raya yang biasanya mempunyai kadar lemak yang tinggi.

Membuat minuman segar dan menyehatkan bisa menggunakan Mayaka Premium Whole Slow Juicer. Mayaka Premium Whole Slow Juicer adalah alat dapur untuk menghasilkan juice segar tanpa harus dipotong. Dengan desain terbaru, lubang masukan dibuat cukup besar sehingga memungkinkan buah apel masuk ke lubang proses sehingga meminimalkan hilangnya nutrisi. Teknologi proses pemerasan dengan kecepatan rendah, telah dipatenkan JMCS (Juicer Module Comprising System) memeras dan mengekstrak sari buah dan sayur. Selain itu, Mayaka premium slow juicer ini mampu menghasilkan lebih banyak sari buah/ sayur dengan rasa alaminya. Segelas jus alami dari Mayaka Premium Slow Juicer akan lebih mudah diserap tubuh 4 kali lipat. Kandungan antioksidan alami mampu menghilangkan radikal bebas dari tubuh.

Nutrisi alami yang segar akan segera diserap oleh tubuh dan anda akan segera merasa segar berenergi sepanjang hari. Tambahkan pisang jika anda ingin jus yang manis atau creamy dan tambahkan sebuah apel atau pir saat memproses bahan tinggi serat. Dengan tambahan berbagai bahan yang berbeda. Anda akan menemukan jus apa yang paling anda sukai. Cobalah Mayaka Premium Whole Slow Juicer untuk gaya hidup anda yang lebih sehat. Anda akan merasakan perubahan pada tubuh dari pertama kali meminum segelas jus segar.

Satu lagi, perkakas dapur yang wajib Anda miliki dan gunakan untuk menyambut hari raya, yaitu Kenwood BM250 Pembuat Roti / Bread Maker. Anda bisa membuat roti untuk sarapan pada saat libur lebaran untuk mengisi perut Anda sebelum bersilaturahmi ke rumah kerabat atau saudara Anda. Dengan menggunakan Kenwood BM250 Bread Maker ini, Anda hanya tinggal memasukkan bahan-bahan pembuat roti lalu tunggu hingga proses pembuatan rotinya selesai. Tentunya roti buatan sendiri akan terasa lebih sehat dan fresh.

Sekian beberapa tips dari kami untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Semoga bermanfaat ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here