Apakah Anda salah satu pengguna batu akik? Batu akik mempunyai daya tarik tersendiri karena bentuk dan warnanya yang indah. Terdapat berbagai macam batu akik yang bisa dijadikan cincin/perhiasan. Yuk disimak ulasannya.

Batu bacan merupakan jenis batu mulia/akik asal Indonesia dan banyak ditemukan di daerah Halmahera Selatan Maluku Utara tepatnya di pulau bacan. Jenis batu bacan paling populer dan banyak dicari jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea.

Safir merupakan batu permata yang diminati banyak kalangan baik di Indonesia maupun di berbagai negara. Batu permata ini memiliki banyak variasi warna seperti warna biru, jingga, kuning, merah muda, kehijauan dan ungu. Khasiat batu safir dipercaya untuk menenangkan pikiran dan memancarkan aura positif untuk mengembangkan daya pikir bagi pemakainya.

Gambar 2. Batu Zamrud

Selain Batu Safir, ada Batu zamrud yang ternyata dianggap sebagai lambang kemakmuran dan kedamaian. Kalau Batu topaz, dipercaya mengandung energi alam yang bermanfaat untuk kesehatan jasmani maupun rohani serta memaksimalkan daya kerja otak. Batu Giok sudah dikenal di Indonesia sejak dulu namun popularitas batu ini tidak pernah luntur. Dengan warna hijaunya batu ini duganakan sebagai cincin, kalung, dll.

Alat untuk membentuk dan menghaluskan batu yang Anda inginkan adalah dgn menggunakan mesin gerinda duduk. Di Perkakasku.com, Anda bisa melihat berbagai macam Mesin Gerinda Duduk untuk batu akik Anda, salah satunya adalah DeWALT DW752R. DeWALT DW752R merupakan mesin gerinda duduk yang bisa Anda gunakan untuk mengasah batu akik Anda dengan daya listrik 373W. DeWALT DW752R menggunakan ukuran mata batu 6″ / 150mm dengan kecepatan tanpa beban 2950RPM.

Gambar 3. DeWALT DW752R Mesin Gerinda Duduk

Mesin Gerinda Duduk lainnya yang bisa digunakan untuk mengasah batu akik adalah Bosch GBG8 dengan daya listrik 600W. Bosch GBG8 ini menggunakan mata batu 8″ / 200mm. Bisa Anda dapatkan dgn harga Rp. 2.346.000,-

Gambar 4. Bosch GBG8 Mesin Gerinda Duduk
Gambar 5. Propan Mata Potong Batu Akik 4″

Jangan lupa untuk menggunakan mata gerinda khusus untuk batu akik. Salah satunya adalah merk Propan yang juga tersedia di Perkakasku.com. Setiap mata memiliki fungsi masing-masing. Ada yang berfungsi untuk memotong dan juga menghaluskan batu akik.  Mata dan gerinda duduk dapat dipilih dan disesuaikan tergantung dengan kebutuhan Anda.
Masih banyak lagi jenis batu-batu mulia yang bisa Anda jadikan perhiasan. Sulitnya menemukan batu akik, membuat harganya bervariasi. Dengan banyaknya macam jenis dan harga dari batu akik, menjadi suatu kesenangan tersendiri bagi seseorang yang mendapatkan batu akik yang indah atau sulit didapatkan.

7 COMMENTS

  1. Wah, artikelnya bikin kaget hehehe… selain peralatan di atas, saya berharap perkakasku.com jg dapat menyediakan peralatan khusus lainnya yg lebih variatif, misalnya Diamond Blade, Diamond Powder/Paste, Table Saw, Batu Gerinda/Diamond Wheel bila perlu sekalian mesin Amplas Gemstone dan mesin Diamond Wheel-nya dan kalau bisa ada fasilitas cicilan hehehe… Lalu ditambah, senter, loupe, Skala Mohs dan pernak-pernik lainnya, dijamin situs ini bakal naik ratingnya! Salam sukses… Bravo gemslover Indonesia!

  2. Mohon maaf pak untuk saat ini mata potong batu akik 4″ sedang kosong. Tks

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here