Di awal bulan Juni 2014 yang lalu, Etalase Perkakasku.com hadir 2 produk gergaji jigsaw yang istimewa. Termasuk kategori mesin gergaji jigsaw yang premium, Makita 4350 FCT dan 4351 FCT, merupakan produk yang secara spesifikasi dan harga yang sama persis tetapi berbeda body. Mesin dengan spesifikasi mirip sudah cukup banyak diadopsi oleh merk Bosch, seperti mesin gergaji jigsaw GST 65 dan GST 65 E, dan GST 80PB dan GST80PBE. Pada merk Bosch si kembar sama body tetapi beda spesifikasi. Spesifikasi untuk tipe dengan huruf E dibelakangnya merupakan tipe dengan fitur variable speed, tipe tanpa huruf E tidak memiliki fitur tersebut. Apa saja yang menjadi kelebihan si kembar ini dibandingkan mesin gergaji jigsaw yang lain. Perkakasku.com mencoba mengulasnya dari spesifikasinya.

Makita 4350 FCT Makita 4351 FCT

Si Kembar Makita ini memiliki spesifikasi yang cukup gahar. Motor dengan daya listrik 720 Watt merupakan motor terbesar dari semua mesin gergaji jigsaw yang tersedia di etalase Perkakasku.com saat ini. Motor dengan daya listrik tersebut memberikan kekuatan yang sangat besar pada kapasitas potongnya, dan kecepatan mesin dengan putaran yang lebih cepat. Makita 4350 FCT dan 4351 FCT ini mampu memotong kayu hingga ketebalan 135 mm, dibandingkan pesaing terdekatnya Bosch GST 80 PBE yang memiliki kapasitas potong hanya hingga 80mm. Ini perbedaan 55 mm cukup besar sangat cocok untuk kebutuhan pemotongan kayu tebal. Pemotongan pada besi kemampuannya sama dengan mesin gergaji lainnya yaitu hanya 10mm, kalah dibandingkan Bosch GST25M yang memang didesain khusus untuk pemotongan besi hingga 15mm. Si kembar ini juga memiliki fitur soft start, dimana hentakan listrik ketika mesin menyala dapat diredam sehingga mesin dapat lebih awet. Selain itu memiliki kemudahan penggantian mata gergaji yang tidak memerlukan alat tambahan seperti kunci / obeng pengencang, fitur ini tidak dimiliki oleh Bosch GST80PB / GST80PBE.

Ok, kedua mesin ini jelas lebih baik dari pesaingnya. Tetapi si kembar tapi berbeda ini tentunya memiliki kelebihan masing-masing. Secara fisik Makita 4350FCT bentuknya tidak jauh berbeda dengan mesin gergaji jigsaw umumnya. Bentuknya tertutup dan switch ada di handle sebelah atas. Mungkin dari sisi fisiknya saja, bila tidak melihat spesifikasinya yang cukup gahar, anda belum tentu meliriknya terutama juga karena harganya yang cukup premium. Cara penggunaannya juga sama dengan mesin gergaji jigsaw lainnya. Berikut ini video penggunaan 4350 FCT yang dilakukan oleh Toolstop :

Nah saudara kembarnya 4351 FCT ini baru berbeda. 4351 FCT memberikan desain fresh untuk sebuah mesin gergaji jigsaw. Mesin ini terbuka tanpa handle atas, switch listrik ada di sisi mesin. Pengaturan kecepatan ada di belakang mesin, awalnya seperti mesin gerinda dibandingkan mesin gergaji. Menggunakan mesin ini rasanya cukup aneh awalnya, karena kita terbiasanya memotong dengan handle di atas. Penggunaan bisa dengan 2 tangan dengan tangan kanan memang sisi belakang, tangan kiri memegang sisi depan yang ada tonjolan kecil. Untuk memotong lurus mungkin harus beberapa kali latihan lagi, agar menjadi mahir, tetapi bila memotong berbelok belok menggunakan mesin ini sungguh luar biasa. Tangan kiri yang memegang handle kecil di depan membuat pemotongan lebih stabil, tangan kanan cukup mengatur arahnya saja. Jelasnya bisa melihat video dari Toolstop berikut ini :

Si kembar Makita 4350 FCT dan 4351 FCT menurut pandangan Perkakasku.com sama-sama mantap, tetapi masing-masing tentunya ada kelebihan. Makita 4350 FCT lebih nyaman pada pemotongan lurus dan pemotongan yang tidak terlalu banyak manuver belok-belok. Tetapi karena kita sudah terbiasa dengan mesin gergaji dengan desain seperti ini tentunya tidak perlu adaptasi lagi. Sedangkan pada 4351 FCT untuk pemotongan lurus rasanya agak lebih pegal, mungkin karena belum terlalu biasa. Tetapi bila sudah terbiasa mungkin tidak masalah. Sedangkan untuk pemotongan yang banyak manuver belok-belok apalagi pada kayu yang tebal mesin ini luar biasa. Berani mencobanya? Dapatkan kedua mesin ini di Perkakasku.com – 4350 FCT di http://perkakas.me/ps432 dan 4351 FCT di http://perkakas.me/ps433 , keduanya bisa dibeli dengan menggunakan Cicilan 0% BCA, Mandiri, dan BNI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here