Sudah cukup lama Perkakasku.com menjual lem baud atau istilah Bahasa Inggris-nya adalah Thread-Locking Fluid, dari Loctite dan mungkin masih banyak pelanggan / pengunjung masih bingung untuk apa dan bagaimana cara pemakaiannya. Bersama artikel ini kami mencoba memperkenalkan sedikit lebih dalam mengenai apa itu Lem Baud.

Sesuai dengan namanya Lem Baud adalah cairan kimia untuk merekatkan baud atau sekrup untuk menghindarinya dari ke-kenduran, karat, dan kebocoran. Pertanyaan yang paling sering ditanyakan ketika mendengar kata “Lem Baud” adalah untuk apa baud di lem? Di sini kami mencoba memberikan sedikit contoh, untuk ada yang memiliki sepeda motor / mobil mungkin sering mengalami baud dari plat nomor sering kendur. Padahal pada waktu pemasangan anda sudah cukup sangat-sangat yakin bahwa baud itu sudah dikencangkan dengan sangat kencang. Tetapi dengan sejalan dengan waktu baud sering kendur, mengapa? Karena motor / mobil anda ketika bergerak memberikan guncangan yang walaupun kecil dapat membuat baud menjadi kendur, bila anda sering ingat baud plat nomor anda kendur tentunya akan sering-sering mengencangkan, tetapi bila jarang kontrol tentunya sering banyak kejadian plat nomor terjatuh di jalan. Nah, dengan lem baud kejadian baud plat nomor kendur tidak akan terjadi lagi. Tentunya aplikasi dari lem baud tidak hanya pada baud plat nomor saja, semua sambungan yang berkaitan dengan baud dengan diameter baud tidak lebih dari M20 atau bahkan M36 dapat memanfaatkan lem baud ini tergantung dari kekuatan yang diinginkan. Selain dari ke-kenduran, seperti yang sudah dijelaskan di atas, Lem Baud juga bermanfaat untuk mengatasi kebocoran dari baud, dan juga karat.

Loctite 222 Loctite 243 Loctite 262


Sekarang kita kembali lagi ke dasar dari apa itu Lem Baud / Thread-Locking Fluid secara kimia. Secara kimia Lem Baud umumnya menggunakan cairan berbahan dasar methacrylate, dan memiliki sifat Anaerobic. Anaerobic adalah sifat cairan yang akan selalu cair bila terkena udara akan selalu dalam kondisi cair, sedangkan bila dalam kondisi kedap udara akan mengeras. Sifat ini sangat berbeda dengan sifat lem umumnya yang justru akan mengering bila terkena udara bebas. Jadi bila pelanggan / pengunjung Perkakasku.com belum mengerti akan sifat ini tentunya akan bingung pada saat aplikasi lem ini karena mau berapa lama pun lem ini tidak akan kering bila dibiarkan terbuka pada udara bebas, karena ini kami cukup sering menerima keluhan dari pelanggan. Untuk dapat mengaplikasi lem ini dengan benar anda bersihkan dulu permukaan baud dan mur dengan cairan pembersih lalu cukup mengoleskan lem ini tipis dan secukupnya saja pada baud dan mur yang akan direkatkan. Selanjutnya pasang baud tersebut dengan serapat mungkin, lalu biarkan selama 12 jam dan sebaiknya 1 hari agar lem dapat merekat dengan baik. Selanjutnya baud dan mur anda dijamin akan terekat dengan kuat. Tergantung dari jenis kekuatan lem yang anda gunakan, bila anda menggunakan jenis lem dengan kekuatan yg rendah berwarna ungu, maka anda dapat melepaskan baud dan mur tersebut dengan kekuatan tangan sekuat mungkin. Tetapi makin tinggi anda harus memberikan tenaga atau torsi yang cukup besar untuk melepaskan baud tersebut, besaran berapa torsi yang dibutuhkan ada pada spesifikasi produk di halaman web kami. Contohnya Lem Baud Loctite 243 ( http://perkakas.me/lm072 ) merupakan lem baud dengan kekuatan medium dengan warna lem warna biru, pada halaman detail produk, kolom spesifikasi tercantum “Torsi untuk Buka : 7 – 20 Nm” . Makin kuat kekuatan lem-nya makin besar pula torsi yang dibutuhkan untuk membukanya, jenis kekuatan lem baud mana yang dibutuhkan tentunya harus disesuaikan dengan jenis aplikasinya. Untuk sekedar merekatkan baud plat nomor tentunya cukup menggunakan Lem Baud Loctite 222 ( http://perkakas.me/lm073 ) yang berkekuatan paling rendah, bila anda pakai yg paling kuat seperti lem baud Loctite 271 ( http://perkakas.me/lm018 ) anda akan sangat kesulitan bila suatu saat harus mengganti plat nomor anda 🙂

Bila anda memerlukan waktu yg cepat untuk aplikasi lem baud ini tidak mau menunggu 12 jam apalagi 24 jam, dari Loctite ada cairan Primer yang dapat membantu untuk mempercepat proses ini menjadi 30 menit. Selain itu ada juga cairan jenis Wick-In yaitu Loctite 290 dimana dapat diaplikasikan pada kondisi baud dan mur sudah terpasang, sehingga tidak merepotkan anda untuk bongkar pasang lagi. Tetapi Saat ini cairan primer dan Loctite 290 belum tersedia di Perkakasku.com tapi jangan khawatir akan segera masuk etalase kami. Jadi pantau tersebut halaman etalase Perkakasku.com .

Bila anda masih ada pertanyaan yang ingin diutarakan berhubungan dengan Lem Baud dari Loctite jangan sungkan untuk menghubungi kami atau tinggalkan komentar di halaman ini. Kami dengan senang hati membantu anda. Artikel ini merupakan hasil kerjasama Perkakasku.com dengan PT. Henkel Indonesien selaku produsen Loctite.

Perkakasku Logo Loctite Logo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here