Perkakasku.com telah memperkenalkan perkakas baru dari Jepang, yaitu Takagi beberapa saat lalu. Setelah teknologi gergaji pull saw-nya, kini Perkakasku menghadirkan Kanna atau ketam tangan dari Takagi Gisuke. Dengan keunikan yang diciptakan oleh Takagi, Takagi Gisuke ini mengharuskan penggunanya untuk mengatur / setting terhadap ketam tangannya. Oleh karena itu, Takagi Gisuke dapat digunakan sesuai dengan ketebalan ketam yang Anda inginkan. Lalu, bagaimana cara setting Ketam Takagi Gisuke ini? Mari disimak ulasan dari Perkakasku.

    1. Pertama kali Anda mendapatkan Takagi Gisuke, Anda akan mendapatkan 1 paket ketam tangan, terdiri dari bodi ketam yang terbuat dari kayu, chipbreaker, dan mata ketam.

    2. Gunakan palu untuk melepaskan chip breaker dan mata ketam terlebih dahulu. Caranya, dengan mengetuk bagian belakang bodi ketam sambil kita tekan mata ketamnya menggunakan ibu jari.

    3. Dudukan mata ketam belum dibuat rata oleh pabrikan Takagi, sehingga Anda perlu meratakannya sesuai dengan kebutuhan agar chip breaker dan mata ketam dapat ter-setting sesuai kebutuhan. Untuk meratakannya, Anda bisa menggunakan alat pahat.

    4. Begitupun dengan alas atau bagian bawah alat ketam, jika diperlukan, anda bisa memperhalus body bagian bawah ketam, bisa menggunakan mata cutter dan menghaluskannya dengan kertas amplas. Tingkat kerataan bagian bawah ketam bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Cara ini menjadi opsional tersendiri bagi anda.

    5. Tiba saatnya kita memasukkan chip breaker dan mata ketam. Caranya, masukkan terlebih dahulu mata ketam, lalu atur kedalamannya dengan palu, menyusul chip breaker yang dimasukkan di atas mata ketam tersebut lalu atur juga dengan palu. Apabila dirasa kurang dalam, silakan ketuk menggunakan palu bagian atas mata ketam Apabila dirasa terlalu dalam, gunakan cara melepaskan chip breaker dan mata ketam di poin nomor 2 di atas.

    6. Untuk mengatur kemiringan Anda dapat mengetuk menggunakan palu di sisi kanan atau kiri mata ketam, jika untuk mengatur kedalaman potong, anda bisa mengetuk dibagian belakang body ketam.

TIPS!!!

Pengaturan untuk posisi chip breaker dan mata ketam berdasarkan kebutuhan tingkat ketebalan hasil ketam juga ada caranya loh!

  • Setting untuk finishing, letakkan chip breaker dan mata ketam dengan jarak sekitar 0.1 – 0.2 mm.
  • Setting untuk tahap awal ketam pada kayu yang kasar (rough planing), letakkan chip breaker dan mata ketam dengan jarak sekitar 0.9 mm

Cukup mudah bukan? Dengan segala keunikannya, Takagi bisa membantu pekerjaan atau hobi Anda dalam perkayuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.