Setiap orang pasti ingin memiliki rumah impian yang nyaman bagi keluarganya. Tapi, sebagian orang mungkin bosan dengan bentuk rumah yang sama seperti yang lainnya, dengan beratap segitiga, tingkat dua, dan halaman yang luas. Berikut ini, ada lima desain unik yang memiiki bentuk rumah-rumah geometris. Penasaran rumahnya seperti apa? Yuk, simak penjelasan berikut.

  • Rumah Dengan Sudut Tidak Beraturan

Desain rumah berikut ini, memiliki sudut-sudut yang tidak beraturan. Jika Anda lihat sekilas, rumah ini seakan-akan miring atau hampir runtuh. Tapi, struktur rumah unik ini dijamin kekuatannya. Selain desainnya yang unik, material bangunannya pun sangat menonjol. Penggunaan lempeng tembaga pada bagian permukaan luar akan terlihat cantik saat terkena sinar matahari. Pada malam hari, penampilannya juga dijamin tidak kalah cantiknya akibat sinar lampu.

  • Rumah Bentuk Trapesium

Desain rumah unik geometris tidak terpaku dengan bentuk persegi, segitiga, atau lingkaran saja. Rumah ini salah satu contohnya. Sekilas desain rumah unik ini tampak seperti bentuk segitiga, tapi kenyataannya desain rumah unik ini mengadaptasi bentuk trapesium. Rumah ini dibuat sedemikian rupa menyesuaikan kondisi permukaan tanah rata yang berada di antara 2 bebatuan dan mendapatkan banyak sinar matahari.

Jika dilihat dengan seksama, bagian atap teras dibuat berongga. Tujuannya saat ketika ada angin kencang, bagian atap ini tidak hancur malah terasa sejuk. Ukuran teras yang luas memungkinkan untuk bersantai di sana. Desain rumah unik yang bergaya Skandinavia ini menggunakan material kayu dan kaca.

  • Rumah Bentuk Belah Ketupat

Desain rumah unik geometris selanjutnya adalah rumah dengan bentuk gabungan 2 buah belah ketupat yang berada di atas sebuah segitiga. Desain rumah unik ini terdiri dari dua lantai. Material yang mendominasi desain rumah unik ini adalah kayu dan kaca dengan perbandingannya 60:40. Penggunaan kayu akan membuat rumah ini menyatu dengan alam, sedangkan kaca akan membuat rumah ini hemat energi pada siang hari karena kehadiran lampu bisa digantikan dengan sinar matahari. Meski terdiri dari banyak permukaan kaca, privasi di dalam rumah ini tidak akan terganggu karena jangkauan pandang orang lain terbatas untuk melihat bagian dalam rumah ini.

  • Rumah Berbentuk Cincin

Desain rumah unik geometris yang satu ini mengadaptasi bentuk cincin, lebih tepatnya beberapa lingkaran cincin yang disusun bertingkat. Desain rumah unik yang menggunakan material utama berupa kayu ini memiliki lubang di bagian tengahnya. Interior desain rumah unik ini pun dibuat melingkar mengikuti bentuk dasarnya. Dalam desain rumah unik ini setidaknya ada 3 pekerjaan utama yang harus ditangani yaitu mengurangi dinding, menghindari spot yang dingin dan panas, dan menciptakan kesinambungan bentuk antar tingkatnya.

Rumah ini didesain mengikuti pergerakan sinar matahari selama seharian. Bagian atas rumah dipasangi panel solar sehingga bisa dibilang desain rumah unik ini hemat energi dan ramah lingkungan.

  • Rumah Dengan Tumpukan Kubus

Desain rumah unik geometris yang terakhir ini berbentuk seperti tumpukan kubus yang tidak beraturan. Terdiri dari 2 tingkat dan 7 kubus, desain rumah unik ini sangat terbuka dengan dinding kaca. Masing-masing kubus ini berfungsi sebagai kamar tidur, ruang makan, ruang keluarga, dapur, dan sebagainya.

Tidak perlu khawatir dengan privasi penghuninya karena dinding kaca ini dibuat menghadap ke area yang tidak dilalui sembarang orang. Namun jika posisi lahan tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan tirai untuk menutupi dinding kaca ini atau hanya mengurangi ukuran jendelanya. Dinding kaca ini juga memungkinkan kamu untuk menikmati pemandangan luar rumah.

 

Apakah kamu sudah bisa membayangkan rumah impian dengan bentuk geometris yang unik? Semoga Anda bisa mewujudkan desain rumah unik tersebut, ya!

Sumber : www.dekoruma.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.