Beberapa saat yang lalu, Perkakasku.com berkesempatan untuk mengunjungi tempat pembuatan atau manufaktur dari Chisel dan Mata Gergaji Circular Bosch yang berada di Italia. Ingin tahu seperti apa proses pembuatan dari aksesoris Bosch diatas? Simak artikel berikut yuk! 🙂

Terdapat beberapa pabrik pembuatan aksesoris Bosch di Italia, yaitu Aresi dan Freud. Masing-masing pabrik menghasilkan aksesoris yang berbeda. Aresi merupakan pabrik aksesoris milik Bosch sejak tahun 2002. Aresi terletak di Kota Brembate, Italia. Untuk Pabrik Aresi menghasilkan Chisel / Pahat SDS Plus, SDS Max, dan SDS Hexagon terbesar di dunia.

Pada proses pembuatannya Chisel SDS Plus, menggunakan mesin milling yang bekerja secara otomatis dan hanya perlu waktu selama 3.2 detik untuk membuat slotnya. Diperlukan waktu selama 7 detik untuk membuat point chisel dengan sistem self sharpening, kemudian Chisel SDS Plus dipanaskan dengan suhu 400 derajat Celcius. Setelah itu, Chisel SDS Plus melewati proses hardening (forging) selama 8 jam yang kemudian diberi lapisan sandblast yang dapat melindungi dari karat. Proses yang sama juga dilewati untuk pembuatan mata bor SDS Max. Dalam 1 hari, Aresi dapat menghasilkan 9000 Pcs Chisel SDS Plus dan 6000 Pcs Chisel SDS Max yang dikerjakan oleh 1 operator yang mengoperasikan 2 mesin secara otomatis. Pengecekan kualitas selalu dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 10 pcs per 15 menit untuk memastikan kesempurnaan dalam produksi, jika terdapat kesalahan proses produksi pun otomatis dihentikan. Klik disini untuk pilihan Chisel SDS Plus di Perkakasku.com.

Meluncur ke pabrik kedua yang dikunjungi, yaitu ke Freud. Freud terletak di Kota Udine, Italia. Asal kata Freud sendiri merupakan akronim dari Fresse Udinese, sehingga tidak berhubungan dengan keluarga Sigmund Freud. Pabrik Freud didirikan pada tahun 1962 dan telah diakuisisi oleh Bosch sejak tahun 2009. Pabrik ini memproduksi mata gergaji circular, mata trimmer, mata router dan mata planner / ketam. Di Freud, Perkakasku.com mengunjungi 2 pabrik yaitu Martignacco dan Fagagna.

Martignacco merupakan pabrik pembuatan Hard Metal untuk pinggiran dari mata gergaji circular yang terbuat dari dua material yaitu tungsten carbide dan cobalt. Pada awalnya, pinggiran mata gergaji circular berbentuk bubuk carbide yang kemudian dilakukan proses milling, sintering atau pencampuran bubuk yang padat dengan material lain, grinding atau gerinda, lab analysis, dan terakhir adalah test method untuk memastikan kesesuaian hasil. Semua hasil produksi dicek 100% lalu setelah sesuai akan di packing dan diberikan nomor seri dan label sesuai dengan batch produksi.

Fagagna membuat piringan mata gergaji circular menggunakan lembaran baja C75 dengan plat panjang tergantung ketebalan yang dibutuhkan. Untuk memotong material baja tersebut, dilakukan proses pemotongan dengan laser cutting kemudian digerinda pada kedua sisinya dan dirapikan. Proses loading dan unloading dilakukan dengan sistem robotic. Untuk material sisa pemotongan di daur ulang kembali. Setiap mesin laser cutting sudah diatur untuk 1 ukuran saja. Setelah proses penggerindaan, dilakukan proses pemanasan 150° di oven selama 12 – 24 jam, heat treatment ini dilakukan hingga kekerasan yang sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan di tiap matanya. Setelah pemanasan, dilakukan proses straightning agar mata gergaji benar-benar rata baik secara vertikal juga horisontal. Finishing-nya yaitu dilakukan pada bagian bore size atau internal diameternya.

Pada beberapa produk diperlukan beberapa luang slot berbentuk spiral / huruf S sebagai anti vibrasi dan mengurangi kebisingan. Selain itu, dibutuhkan celah pada gerigi mata gergaji agar pada saat digunakan dan terjadi pemanasan, kualitas dari mata gergaji tidak berubah. Untuk pengecekan, dilakukan balancing, untuk dicek apakah ukuran dan bentuknya sudah balance atau tidak. Bagi mata yang tidak balance, akan dikerjakan ulang / rework. Bagian bodi dari mata gergaji telah selesai, lalu berikutnya adalah proses patri dengan suhu 600° celcius. Dilanjutkan dengan proses sand blasting pada bagian yang dekat dengan gerigi lalu dipoles bagian bodinya untuk mata gergaji yang silver / chrome. Setelah digerinda setiap mata gergaji akan dicuci lalu dilakukan proses visual check apakah proses sudah benar dan terakhir proses marking dan packaging. Dengan menggunakan cat, sponge dan cetakan mata gergaji lalu dipanaskan kemudian menggunakan laser untuk marking nomor serinya. Anti vibration slot diisi dengan silicone. Pengemasan produk yang kemudian siap untuk dikirim menggunakan dus atau plastik. Setiap harinya Pabrik Freud bisa memproduksi 45000 pcs. Anda juga bisa mendapatkan berbagai mata gergaji circular Bosch di Perkakasku.com, loh. Klik disini untuk pilihannya. 

Bagaimana kisah perjalanan Perkakasku.com di Italia kali ini? Apakah pengetahuan Anda jadi bertambah? Tentunya ya. Nah, kami akan memberikan tips dalam penggunaan Mesin Gergaji Circular yang juga didapatkan ketika perjalanan ke Italia.

  1. Gunakan mata gergaji yang halus apabila pemotongan dilakukan pada kayu dengan berlawanan alur serat kayu.
  2. Gunakan mata gergaji yang kasar apabila pemotongan dilakukan pada kayu dengan sejalan alur serat kayu.
  3. Gunakan mata circular yang sesuai atau lebih sedikit dengan ukuran ketebalan kayu.
  4. Saat penggantian mata gergaji, jangan lupa untuk mencabut kabel listrik agar tetap aman.

Jadi, tidak khawatir lagi kan untuk kualitas akesoris yang dihasilkan oleh Bosch?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here