Kali ini, Perkakasku.com akan mengajak Kawan Perkakas untuk ngabuburit bersama. Sudah tidak asing dengan ngabuburit, kan? Ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang ketika menunggu atau menghabiskan waktu hingga menjelang waktu Adzan Maghrib datang, atau biasa disebut menunggu waktu berbuka puasa. Kegiatan ngabuburit tentunya harus diisi dengan kegiatan yang positif, misalnya menghasilkan suatu karya dengan kayu. Hasil karya dengan kayu bisa berupa kursi, meja, atau bahkan hiasan-hiasan dinding.

  • Cap Kreatif

Sebelum Hari Raya Idul Fitri, tentunya sebagian dari Anda akan menyiapkan kartu ucapan selamat bukan? Kartu ucapan yang dibuat sendiri tentunya akan menimbulkan rasa kebanggaan terhadap diri sendiri karena hanya Anda-lah pemiliki desain kartu tersebut. Perkakasku.com akan memberikan tips membuat Cap / Stempel unik yang dapat mempercantik kartu ucapan Anda. 

Caranya mudah kok, siapkan Blok Cap yang terbuat dari Karet, Wax Paper / Kertas Lilin, Roller, Papan Multiplex, Mesin Gerinda Tuner Dremel 3000 yang dilengkapi dengan Flexible Shaft dan Engraving Cutter Dremel berukuran 1/16” dan terakhir adalah Mesin Gergaji Dremel SawMax dengan Mata Gergaji SM500.

Pertama-tama siapkan desain yang akan dibuat cap, bisa foto ataupun tulisan. Baiknya desain di print menggunakan Inkjet Printer sehingga kertas lilin akan bekerja maksimal. Sesuaikan ukuran gambar agar pas dengan blok cap, kemudian potong kertas lilin sesuai dengan ukuran kertas komputer dan print desain atau foto yang telah disiapkan ke kertas lilin tersebut. Gunakan Roller untuk memindahkan gambar ke blok cap seperti gambar berikut.

Selanjutnya, gunakan Dremel 3000 Mesin Gerinda Tuner dengan 106 engraving cutter bit yang sempurna untuk mengukir bahan yang lembut. Gunakan Mesin Gerinda Tuner Dremel 3000 dan mata engraving-nya untuk mengukir sepanjang desain Anda. Ingat! Daerah yang Anda ukir merupakan area yang tidak akan bertinta nantinya. Jadi, ukirlah area yang Anda inginkan agar tetap putih atau tidak berwarna. Set kecepatan alat Anda dengan kecepatan medium hingga kecepatan tinggi untuk menghapus bagian luar desain. Gambar cap yang Anda inginkan akan timbul setelah proses ini selesai.

Agar pekerjaan cap lebih mudah, lem cap blok yang telah diukir ke Papan Multiplex/Plywood dengan ketebalan ¼”. Potong dan rapihkan kayu sesuai ukuran blok cap menggunakan Mesin Gergaji Dremel SawMax dengan Mata Gergaji Dremel SM500. 

Cap kreasi Anda telah selesai dibuat! Bagikan kartu ucapan Idul Fitri untuk kerabat terdekat Anda.

 

  • Papan Nama

Untuk menghias bagian rumah Anda selama Hari Raya Idul FItri, Perkakasku.com akan mengajak Anda membuat Papan Nama yang cantik. Eits, papan nama ini bukan sembarang papan nama pada umumnya loh! Lihat deh contoh papan nama ini! Cantik bukan? Sangat cocok digantung di dinding rumah yang polos sehingga dapat menarik perhatian kerabat atau sanak saudara yang berkunjung.

Bahan-bahan yang harus kita siapkan adalah kayu dengan ukuran secukupnya (sekitar 24” x 6”), kertas kalkir, kertas karbon, cat, kuas cat. Mesin serbaguna yang dapat membantu Anda untuk membuat papan nama kreatif ini adalah Dremel 3000 Rotary Tools. Langsung saja ke cara pembuatannya, yuk!

Mulai dengan membuat desain di kertas kalkir, pastikan desain tersebut memiliki ukuran yang pas dengan ukuran kayu yang tersedia. Lapisi seluruh desain menggunakan kertas karbon agar pada langkah berikutnya proses pemindahan ke papan lebih mudah.

Selanjutnya, tempatkan kertas kalkir pada papan kayu yang sudah disiapkan dengan kertas karbon menghadap kebawah. Kemudian, pindahkan desain sesuai garis luar menggunakan pensil melalui kertas kalkir. 

Menggunakan unit Dremel 3000 dengan mata untuk mengukir / engraving, ikuti pola untuk ditransfer ke permukaan kayu. Setelah pola terbentuk dengan unit Dremel 3000 Anda, amplas bagian luar kayu dengan mengikuti pola yang telah ditransfer ke papan kayu tadi. 

Setelah debu disingkirkan, cat dan hiasi papan. Setelah kering Anda bisa menggantungnya di area yang diinginkan.

Bagaimana hasil ngabuburit kali ini? Selain unik dan kreatif hasil kreasi dari kayu ini dapat mempercantik bagian rumah dan membuat kartu ucapan Anda berbeda dari yang lainnya. Sudah siapkah Anda untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1437H kali ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here