Bagi para pemudik yang memanfaatkan mobil pribadi, kondisi kendaraan mutlak dipersiapkan. Selain kondisi kendaraan yang prima, masih ada beberapa hal penting yang tidak boleh dilupakan, diabaikan, atau disepelekan dalam menempuh perjalanan yang jauh.

Peralatan standar dalam kendaraan kadang sering dilupakan atau diabaikan. Hal ini bisa saja terjadi karena pemilik kendaraan lebih fokus ke servis kendaraan serta mempersiapkan barang bawaan pribadi, sehingga tools yang penting untuk dibawa di kendaraan kadang terlupakan.

Dikutip dari Tribunnews.com, “Biasanya orang lupa dengan perlengkapan standar di mobil, kebanyakan dari mereka terlalu mengandalkan servis ringan. Minimal ada peralatan standar di mobil seperti dongkrak, kunci ban, segitiga pengaman, P3K, obeng, dan lain-lainya, ini wajib tidak boleh keluar dari mobil,” ucap Bintarto Agung, President Director Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) kepada Otomania, akhir Juni lalu.

Selain tools yang sangat penting untuk dibawa, pengemudi atau pemilik kendaraan juga wajib untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi ban dan ban cadangan yang akan dibawa nanti. Bagi yang melakukan mudik dengan menggunakan sepeda motor, tentunya hal tersebut di atas juga tidak kalah pentingnya bagi Anda. Jadi, persiapkan dengan sematang-matangnya kegiatan mudik berkendara Anda ya!

Sekarang, mari kita bahas beberapa tools yang wajib dibawa pada saat kita melakukan perjalanan jauh atau mudik nanti.

1. Dongkrak

Terdapat beberapa jenis dongkrak yang dapat digunakan untuk kendaraan Anda. Diantaranya dongkrak buaya, dan dongkrak botol.

Di Perkakasku.com, terdapat Dongkrak Buaya Tekiro dengan kapasitas 2 ton dengan dimensi 515 x 245 x 165 mm. Alat dongkrak ini bisa mengangkat dengan maksimum angkat 130 – 350 mm.

Dongkrak botol dari Tekiro ini memiliki kapasitas 4 ton dengan tinggi minimal 181 mm dan tinggi maksimal 345 mm.

2. Kunci Ringpas

Tekiro Kunci Ringpas 11 Pcs 8-24 mm merupakan perkakas dengan ujung berbentuk ring dan berbentuk terbuka pada ujung yang lain untuk membuka baud ukuran kepala dalam berbagai ukuran. Kunci Ringpas Tekiro terbuat dari material chrome-vanadium yang kuat, tahan lama, dan anti karat. Dalam paketnya menyertakan ukuran yang umum dipakai di bengkel, usaha, industri, dan rumah tangga yaitu 8 hingga 24 mm sebanyak 11 buah. Dikemas dalam tempat yang kuat yang tahan lama, tertata rapi, dan mudah untuk disimpan.

Jonnesway 11 Pcs Kunci Ringpas Set ini terdiri dari ukuran 8 – 24 mm (8 mm, 9 mm, 10 mm, 11 mm, 12 mm, 13 mm, 14 mm, 17 mm, 19 mm, 21 mm, 24 mm) Kunci ringpas dari Jonnesway ini ada garansi selama 3 tahun loh..

3. Obeng

Obeng adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut. Ada beberapa model obeng yang digunakan di seluruh dunia. Jenis yang sangat umum di Indonesia adalah model Phillips yang populer disebut obeng kembang atau plus (+) dan slotted yang sering disebut obeng minus (-).

Tekiro Obeng Interchangeable Set 19 in 1 ini merupakan obeng dengan material obeng dan handle kualitas tinggi. Bagian sisi atas obeng terdapat ruang penyimpanan mata obeng, sangat ringkas dan nyaman. Dilengkapi dengan hingga 19 jenis mata obeng yang lengkap dan umum digunakan pada pekerjaan bengkel, hobby, dan industri.

Nickei 26 Pcs Obeng Set terdiri dari Gagang Obeng Hex 4mm, Gagang Rachet 1/4″, Mata Obeng Min Hex 4 mm(1.0, 2.0, 2.5, 3.0) x 28mm, Obeng Min Hex 1/4″ ( 4, 5, 6 mm) x 25 mm, Plus Hex 4mm(PH000, PH00, PH0, PH1, PZ0, PZ1) x 28mm, 7 Pcs Mata Sok 1/4″

4. Kunci Roda

Kunci Roda digunakan untuk melepas dan mengganti mur roda pada kendaraan bermotor. Kunci roda terbuat dari batang baja dimana ujung-ujungnya mempunuyai kepala soket segi enam.

5. Tool Set

Bagi Anda yang ingin praktis dan tools Anda tersimpan dengan rapi, Anda bisa langsung membawa tool set yang sudah ada dalam satu box. Sangat praktis dan tidak terlalu makan tempat bukan?

Tool set dari Tekiro dengan kualitas terbaik, terdapat 130 ragam jenis perkakas yang umum digunakan untuk berbagai keperluan terutama mekanik dan juga keperluan anda untuk hobby di rumah. Tersimpan dalam 1 koper plastik yang tersusun rapi untuk memudahkan anda dalam mengambil dan menyimpannya kembali. Tekiro 130 Pcs Box Plastik Tool Set.

Dengan perlengkapan tools Anda yang sudah lengkap, kini Anda sudah siap untuk bepergian jauh dan bertemu dengan sanak saudara Anda di kampung halaman. Namun di samping perlengkapan tools kendaraan yang sudah lengkap, jangan lupa untuk rutin cek dan servis kendaraan sebelum kepergian Anda ya!

Selamat Mudik! Hati-hati di jalan ya! Salam hangat dari kami untuk keluarga besar Anda 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here