Pada saat anda melihat detail produk dari batu gerinda di Perkakasku.com, anda akan melihat informasi mengenai spesifikasi dari batu grinda (spec) dalam bentuk serangkaian huruf dan angka seperti A24SBF, A30RBF dan lain sebagainya. Kode-kode tersebut tercantum di atas setiap batu grinda untuk menyatakan kandungan material batu gerinda, tingkat kekasarannya, tingkat kekerasan materialnya dengan mengetahui hal tersebut, kita dapat mengetahui batu gerinda tersebut dapat digunakan untuk menggerinda atau memotong material apa.

Untuk mengenali hal-hal tersebut, maka kita perlu mengenali kode spesifikasi tersebut :

  • Huruf paling depan menyatakan kandungan material utama, yang umum digunakan adalah :
    • A : Aluminium Oxide (Biasanya untuk Metal dan Stainless Steel)
    • WA : White Aluminium Oxide (Biasanya untuk Stainless Steel)
    • C : Silicone Carbide (Biasanya untuk Batu dan Bahan Bangunan)
    • GC : Green Silicone Carbide (Biasanya untuk Kaca, Keramik, dan bahan bangunan lainnya)
  • Angka menyatakan ukuran atau kekasaran dari batu Gerinda, semakin kecil nilainya maka semakin kasar, sebaliknya semakin besar maka semakin halus.
    • Angka 8 – 24: Bisa disebut sebagai kasar / coarse
    • Angka 30 – 60 : Bisa disebut sebagai sedang / medium
    • Angka 70 – 220 : Bisa disebut sebagai halus / fine
    • Angka 220 – 800 : Bisa disebut sebagai sangat halus / very fine
    • Angka 1000 atau lebih : Bisa disebut sebagai ultra halus / ultra fine
  • 1 berikutnya menyatakan tingkat kekerasan atau kekuatan dari perekatan material, biasanya diwakili oleh urutan huruf dari D hingga Z . Dimana D menyatakan sangat lunak sedangkan Z sangat keras.
    • Huruf D,E,F,G : Bisa disebut sebagai sangat lunak / very soft
    • Huruf H,I,J,K : Bisa disebut sebagai lunak / soft
    • Huruf L,M,N,0 : Bisa disebut sebagai sedang / medium
    • Huruf P,Q,R,S : Bisa disebut sebagai keras / hard
    • Huruf T hingga Z : Bisa disebut sebagai sangat keras / very hard
  • 1 atau 2 huruf berikutnya menyatakan jenis perekatan yang digunakan, yang umum digunakan adalah :
    • B : menyatakan Resinoid, atau perekatan menggunakan bahan resin
    • BF : menyatakan Resinoid Reinforced, atau perekatan menggunakan bahan resin yang diperkuat
    • V : menyatakan Vitrified, atau perekatan dengan memanaskan material hingga titik cair
    • S : menyatakan Sillicate, atau perekatan menggunakan bahan silika

Sebagai contoh, kita ambil kode A24SBF, yang merupakan spesifikasi dari batu gerinda tangan Nippon Resibon, dengan kode produk kami BT045.

  • A : Menyatakan bahwa meterial utama dari batu gerinda ini adalah Aluminium Oksida
  • Angka 24 : Menyatakan tingkat kekasaran batu gerinda yang berada pada tingkat kasar ( coarse)
  • S : Menyatakan kekuatan rekat dari batu gerinda ada pada tingkat keras ( hard )
  • BF: Menyatakan jenis perekatan material menggunakan bahan resin yang diperkuat

Dengan mengerti kode spesifikasi batu gerinda, tentunya ada akan mengetahui batu gerinda mana yang sesuai untuk kebutuhan anda. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk berbelanja batu gerinda tangan. Selamat berbelanja!

51 COMMENTS

  1. bagaimana cara mengetahui apabila batu grinda tidak dapat digunakan untuk mengasah pahat atau dengan kata lain batu grinda tersebut sudah tumpul?

  2. Pak Johanes, Batu grinda akan selalu tajam sesuai dengan spesifikasinya. Berbeda dengan pisau yang dapat tumpul, pada saat digunakan batu grinda akan terkikis terus hingga pada ukuran yang tidak dapat atau tidak nyaman lagi digunakan. Selama itu batu grinda akan selalu tajam sesuai dengan spesifikasinya. Untuk mengasah pisau atau pahat biasanya paling baik untuk menggunakan batu grinda dengan material utama GC (Green Slicone Carbide).

  3. kita dari Polines.kami mintak data spesifikasi batu gerinda Merek diamond jenis 11A2 untuk mengasah pahat planer bahan HSS.

  4. untuk batu gerinda yang dapat mengasah pahat planner atau ketam, sementara ini kami belum memiliki merk yang bapak maksud. Sementara ini kami memiliki merk Prohex ukuran 180x70x20 mm tetapi mohon maaf kami tidak memiliki data yang spesifik mengenai data spesifikasinya karena tidak tercantum di brosur maupun di packing dari barang tersebut. Bila menggunakan mesin gerinda duduk (bench grinder), dapat menggunakan menggunakan mata gerinda duduk. Seperti yang ada di alamat ini : http://www.perkakasku.com/etalase.php?pkat=MSN,MGR,MTG

  5. Perkenalkan nama saya Romi, Saya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS SURABAYA). Saat ini saya sedang melakukan penelitian tentang laju korosi yang terjadi pada stainless steel akibat pengelasan dan mechanical surface finishing dengan mempergunakan gerinda. Nah untuk mendukung keilmiahan penelitian ini saya membutuhkan informasi tentang komposisi kimia dari batu gerinda. Atas bantuannya saya ucapkan terimakasih

  6. Mas Romi, maaf kita tidak punya informasi mengenai kandungan kimia secara detail. Selain dari informasi hasil terjemahan kode yg diberikan oleh produsen.

  7. Maaf pak,saya dr univ muhammadiyah surakarta mau tanya.Berapa tekanan yg umum digunakan pada pembuatan batu gerinda,dan berapa prosentase campuran antara pengikat (lem) dengan batu-nya..Mohon dibantu.

  8. Pak, Sekarang ini banyak sekali produk grinding dan cutting wheel yang asli tapi palsu. Bagaimana cara kita mengenali ciri-ciri nya, seperti pada produk “Nippon Resibon”.
    Produk aspal ini bukan hanya ketahanan dan fungsi tetapi juga sangat membahayakan karena “inner ring” sering lepas jika digunakan.

    Banyak plagiator yang tidak memikirkan keselamatan bagi pemakai dan pemborosan listrik yang terjadi karena menggunakan produk asli tapi palsu yang mungkin harganya lebih murah “sedikit” atau mungkin harga nya sama tetapi mutunya “sedikit”

  9. Pada dasarnya memang sulit sekali untuk membedakan produk batu gerinda yang asli dan palsu sebelum dipakai. Untuk menghindari pembelian produk aspal, anda tentunya harus membeli produk batu dari toko atau distributor yang dapat anda percaya. Toko atau distributor yang terpercaya pasti akan menginformasikan apakah produk tersebut asli atau palsu. Karena produk asli pasti kami beli dari supplier yang merupakan distributor atau agen resmi.

  10. Pak,saya mohon bantuan untuk menyelesaikan tugas akhir saya…Bagaimana karakter batu koril??Dan kandungan (komposisi)yang ada didalam batu tersebut apa pak,silicone carbide atau aluminium??Terus untuk buku referensi batu gerinda apa ada yg versi bhs indonesia,mohon dikasih judul dan pengarangnya.Terima kasih atas bantuanya pak.

  11. Mas Anung, mohon maaf semua referensi yang kami peroleh berasal dari rangkuman brosur dan buku panduan vendor kami. Kami tidak memiliki informasi yang lebih dalam lagi.

  12. Pak,
    mohon infonya adakah batu gerinda ukuran diameter 58cm dengan tebal 5cm dan diameter lubang 20cm. batu gerinda dipakai untuk asah pisau potong kertas di percetakan, jika ada mohon infonya segera ke e-mail saya. terima kasih.

    astawa

  13. Dear All,
    Saya Ipung, Technical, sebelumnya terimaksih kpd
    Bapak/ibu,rekan yang mau membantu persoalan kami ini.
    Mohon bantuannya bila ada yang tahu tentang spesifikasi batu gerinda Nippon Resibon 5″ ?
    – Pada batu gerinda tertena tertulis speed = 11,000 rpm
    – Gerinda yang kami miliki spec.nya 12.000 rpm,
    ada selish 1000 rpm —-> apakah batu Gerinda tsb boleh kami pakai
    apa efeck beda spect tsb ?

    Berapa Rpm toleransi Speed batu gerinda tsb..?

    trims

  14. Mas Ipung, maaf baru saya jawab skrg. Pada mesin gerinda kecepatan yang tercantum, seperti 12000 rpm adalah kecepatan tanpa beban. Ketika ada beban, yaitu dilakukan penekanan pada benda kerja, kecepatannya akan berkurang tergantung dari friksi atau gesekan antara batu gerinda dan benda kerja. Secara teknis, kami tidak memikili referensi berapa toleransi yang diijinkan, tetapi secara praktik untuk pekerjaan menggerinda terutama dengan batu dengan tingkat kekasaran 24, selisih 1000 rpm masih aman untuk digunakan. Semoga membantu mas Ipung.

  15. tanya pak, adakah batu gerinda yang menggunakan serat fiber kalo ada jenis n merk apa pak trimakasih.

  16. pak saya mau tanya,unuk mencari buku yang memuat sifat mekanis dari batu gerida yang diikat dengan resin dimana ya pak.trim’s

  17. saya mencari batu gerinda merk nippon star 4inc, 100x6x16 type gold. kebutuhan banyak dan rutin. tolong kirim harga price list. terima kasih.

  18. @joko: maaf, kami belum memiliki informasi mengenai buku tersebut.
    @dede: maaf, saat ini kami belum menyediakan batu gerinda merk nippon star

  19. Pak. saya mau tanya kalau mesin gergaji sekrol dimana bisa saya peroleh dan kira-kira harganya sekitar berapa, terimakasih

  20. Saya lagi cari batu gerinda GC120 205X13X50.8. Akan tetapi dipasaran barang tersebut tidak ada, yang ada ukuran 205X19X31.75. Kalau kita bubut, mata bubut apa yang harus saya pakai ?

  21. saya baru nyari jenis batu gerinda yang bisa digunakan untuk mengasah jenis baja tamahaga,jenis apa dan yang bagaimana yang harus saya gunakan ?

  22. baja tamahaga tersebut berbentuk sebilah katana,maksud saya jenis apa yang bagus untuk menajamkan mata bilah katana tsb?

  23. dear mas handi
    kami salah satu perusahaan kontraktor yang bergerak dibidang fabrikasi gudang/tangki, meminta data-data teknis mengenai produk batu gerinda nippon resibon dengan spec. WA24SBF. Mohon dijabarkan apakah dapat dipakai untuk material Stainless Steel apa tidak? mohon dijawab segera mungkin.

  24. pak saya butuh batu grinda diammeter dalam 3 inci diameter luar 12 inci tebal 1 inci grid yang di butuhkan 120 dan 150 untuk pengerjaan mat harden SUJ2 dimana ya bisa belinya ?

  25. pak saya butuh batu grinda ukuran dia dalam 3″ ,diameter luar 12″ dan tebal 1inci grid 120 dan 150 untuk proses mat harden SUJ2 beli dimana ya?

  26. saya bergerak di bidang jasa asah pisau potong kertas. selama ini saya pakai WA80 tetapi ada beberapa cust yang komplain hasil asahan tidak tahan lama. apa sebabnya? grenda jenis apa yang paling cocok? ukuran yg saya pakai 125 x 75 x 31,75. terima kasih.

  27. gan ane minta spesifikasi lengkap mesin gerinda type Bosch GWS 7-100 gan….sama minta compare spesifikasi dengan mesin gerinda type dan model lain…lagi nyari mesin gerinda yang bagus niee …thanks gan…kirim ke email ane gan anggaluvalfa@gmail.com

  28. Bpk2
    Kami mendapatkan kasus penggunaan “Cut-off wheel” merk Nippon resibon ukuran 125x3x22 A30P BF. Kasusnya yaitu saat digunakan memotong pipa CS (Carbon Steel) 6″ tiba2 batu gerinda potongnya rontok/permukaan pisau potongnya menjadi tidak rata. Pertanyaan saya kira2 apa ya penyebabnya….

    Thank you

  29. @eko: biasanya kasus tersebut terjadi bila pada saat pemotongan operator menekan mesin terlalu keras. Atau mungkin juga ada cacat pada batu sebelum digunakan akibat cacat pabrik atau terjatuh atau terbentur benda lain.

  30. maaf mas.. mau tanya, bagaimana cara menggerinda material berjenis hardmetal? apa jenis batu yg dgunakan? penggerindaan yg saya maksud surface grinding..

  31. mau tanya nih mas, batu gerinda jenis apa yang cocok untuk menggerinda roll karet jenis NBR. Thanks.

  32. artikel ini sangat membantu mas.trimakasih..saya mau tanya mas,alat apa yg digunakan untuk memoles/membuat plat besi tipis menjadi mengkilat?selain melalui proses electroplating tentunya…apa semacasm gerinda jg atau bagaimana.?terimakasih..

  33. Mohon bantuannya,mendingan pakai apa gerinda gws 7-100 T atau gws 5-100,rencana sy pakai untuk kperluan hobi,listrik d rumah sy 900 w,tlng ulasan nya mas?

  34. Salam semuanya, Pak Handi sy dedi procurement dari salah satu perushaan kontraktor nasional, sy butuh price list dari batu gerinda nippon resibon atau merk lainnya yg bp. jual, kalau ada harga mesin gerinda,ok juga. tolong diemail di dedi.muhaidir@gmail.com.
    Terima kasih

  35. Nama saya Yusman siantar ,
    saya punya batu WA.60,80,100
    berapa mikron untuk grinding material SKD11 yang sudah threatment 60 HRC

  36. Untuk semuanya
    Mohon pencerahannya, disetiap mata gerinda baik untuk memotong atau menghaluskan saya melihat ada tanda segitiga.
    Apa maksud dari tanda segitiga yang ada di kedua mata gerinda itu?
    Awalnya saya pikir itu adalah sebagai limit penggunaan mata gerinda, tetapi ketika di bandingkan antara mata gerinda potong dengan mata gerinda untuk menghaluskan sepertinya ga seimbang.

  37. Kalo untuk cari batu gerinding yang bisa untuk mengerjakan roll supermirror gitu dimana ya? lagi butuh banget nih yang tingkat kehalusannya (Ra/Roughness) sampai 0.05 micron.
    ada yang kasih tau kodenya wa220, tolong dong kasih tau dimana bisa dapetin barangnya ya???

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here