Mesin Bor dapat dikatakan merupakan salah satu perkakas yang dibutuhkan di rumah. Walaupun tidak sering, tapi keberadaan perkakas ini vital untuk berbagai macam hal di rumah, seperti untuk memajang foto di dinding, memasang gantungan / kaitan baju, memasang peralatan di kamar mandi seperti shower holder, pemasangan atau perbaikan furniture, untuk hobby atau hal-hal lain.

Untuk itu anda memerlukan jenis mesin bor tembok. Mesin bor tembok adalah mesin bor yang memiliki fitur impak / pukulan dalam setiap putarannya, sehingga dapat lebih mudah untuk melubangi tembok. Mesin Bor memiliki fitur yang beragam seperti pilihan kepala bor 10mm atau 13mm, reversible (putaran bor dapat berputar ke arah normal, searah jarum jam, atau berlawanan) dan variable speed (kecepatan putaran bor dapat diatur), serta bundel yang menyediakan mata bor set dan/atau tas/tool box.

Merk mesin bor tembok yang ada di pasar Indonesia sangat banyak, dari mulai kelas bawah (Kenmaster, ATS, Krisbow, Modern, Nikkon, Norita, dll), kelas menengah (Skil, Maktec, Black&Decker, NLG, GMT, dll), hingga kelas atas (Bosch, Makita, DeWalt, Metabo, Hitachi, AEG, dll) dengan rentang harga yang cukup besar pula, mulai dari Rp. 100.000,- hingga Rp. 800.000,- bahkan dapat juga mencapai jutaan rupiah. Sebagian besar merk kelas bawah adalah produk tiruan dari merk kelas menengah atau atas.

Dari sekian banyak jenis, fitur dan merk mesin bor, manakah yang sesuai untuk anda? Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda :

  • Bor untuk keperluan rumah tangga umumnya cukup yang memiliki kepala bor 10mm saja, karena penggunaan mata bor untuk rumah tangga tak lebih dari 10mm. Untuk keperluan bor tembok, umumnya kepala bor 10mm masih dapat menggunakan mata bor hingga maksimal 13mm, tetapi ini hanya berlaku untuk mesin bor dengan merk kelas atas. Kepala bor pada mesin bor dengan merk kelas bawah atau menengah umumnya kurang maksimal kapasitasnya, sehingga mungkin malah hanya mampu menggunakan mata bor yang 9mm atau bahkan 8mm saja, walaupun pada spesifikasinya mencantumkan 10mm. Untuk menghindari hal tersebut, apabila anda memilih merk kelas bawah atau menengah, ada baiknya anda memilih mesin bor dengan kepala bor 13mm.
  • Fitur yang diperlukan, sebagian besar merk dari kelas bawah hingga kelas atas menyediakan mesin bor dengan fitur lengkap dengan reversible dan variable speed. Fitur reversible dan variable speed, akan memudahkan anda untuk menarik kembali mesin bor yang nyangkut ketika anda melubangi tembok, selain itu dengan fitur tersebut, anda dapat menjadikan mesin bor sebagai mesin obeng yang memudahkan anda ketika melakukan pengencangan atau pengenduran baud / sekrup. Yang patut diperhatikan adalah semakin banyak fitur maka semakin banyak kemungkinan adanya kerusakan, terutama pada switch / saklar, karena seringnya anda melakukan pemindahan putaran kiri/kanan Selain itu fitur variable speed juga memiliki pengaruh pada umur motor mesin bor.
  • Cari mesin bor atau mata bor ? Di perkakasku.com tersedia mesin bor dan mata bor, dengan berbagai pilihan dan merk.

  • Sebagian besar kualitas mata bor yang dibundelkan memiliki kualitas seadanya atau di bawah standar, baik itu untuk merk berkelas atas apalagi bawah.
  • Garansi, adanya garansi melindungi anda dari kemungkinan adanya cacat produk. Garansi umumnya dimiliki oleh merk kelas menengah dan atas.
  • Harga, hal ini kembali pada anggaran anda, tetapi untuk tingkat penggunaan rumah tangga, mungkin merk kelas bawah atau menengah sudah cukup. Tetapi bila anda menggunakan mesin bor sebagai hobby, tidak ada salahnya menggunakan merk kelas atas.
  • Ketersediaan spare part, hal ini sangat penting kerena setelah garansi anda berakhir, apabila mesin anda rusak, tentunya anda ingin agar mesin bor anda dapat diperbaiki. Merk kelas atas dan menengah umumnya memiliki jaminan ketersediaan spare part original dengan harga yang cukup mahal. Tetapi ada khusus untuk merk Makita dan Bosch, cukup banyak tersedia sparepart ‘bajakan’ yang harganya cukup murah, walaupun memang kualitasnya tidak sebanding dengan yang original. Untuk merk kelas bawah, umumnya sparepart juga tersedia karena memang merk ini merupakan produk tiruan, tetapi kadangkala harganya tidak sebanding, sehingga mungkin anda akan lebih memilih membeli yang baru daripada memperbaikinya.

Mana yang sesuai, hal ini kembali pada kebutuhan dan anggaran anda tentunya.

Cari mesin bor atau mata bor ? Di perkakasku.com tersedia mesin bor dan mata bor, dengan berbagai pilihan dan merk.

13 COMMENTS

  1. saya ingin bertanya tentang mata gergaji mesin jigsaw.
    ada type yang atasnya bolong (untuk diceka),ada yang
    model seperti salib (dan tidak bolong),apakah kedua
    mata gergaji itu interchange (bisa dipertukarkan/masuk ke
    jigsaw manapun)?
    trm ksh.

    Rgd’s

    Eko

  2. Pak Eko, Sebenarnya bisa atau tidaknya tergantung tipe mesinnya, tapi umumnya tidak bisa dipertukarkan. Sebenarnya di pasar ada beberapa jenis mesin jigsaw (biasanya jenis mesin kelas murah) yang dapat menggunakan semua jenis mata jigsaw, tapi penggunaan sangat tidak disarankan karena sangat berbahaya bagi keselamatan kerja.

  3. saya ingin melubangi tembok, untuk penempatan sebuah pintu. Adakah alat untuk memotong tembok?

  4. Saya mau tanya, alat untuk membuat lubang-lubang ventilasi udara misalnya lubang ventilasi udara box amplifier atau chassing komputer dari bahan logam plat maupun aluminium tebal 2-3mm dgn panjang +/- 50mm dan lebar +/- 30mm bentuk memanjang. Apakah bisa menggunakan jigsaw atau alat lainnya? Mohon informasinya, terima kasih.

  5. ma’af mau nanya.
    saya butuh bor/gerinda lurus yg pake belale bisa untuk tuneer. kalo ga salah harganya 250.000 ada ga barangnya yah…
    kebetulan saya di bandung, jadi alamat tepatnya jl A.yani 350 belah mana. dengan BCC terima kasig mohon respon dan balasanya.

  6. Saya mau usaha mebel kayu (produksi)

    Saya butuh gergaji yg bisa melubangi yg agak berlekuk-lekuk (jigsaw dah ada, tetapi kurang bisa berlekuk-lekuk), sebagai contoh lubang2 pd ukir-ukiran atau aku ingin nglubangi kayu dgn gambar kupu kecil ukuran 10×10 cm.
    Sebaiknya pake apa ya.

    Kalau “perkakasku” ada berapa hraga dan spesifikasinya.

    Mohon bantuan,
    ridwan tangerang

  7. Pagi Pak,

    Kalau mesin bor Maktec MT603 bisa dipakai untuk mem-bor tembok tidak? (apakah ada feature impact nya?)

  8. pa’ saya mau beli bor dengan budget 400 rbu untuk melubangi tembok cor, mohon informasinya yang bagus u/ saya bor merk & type berapa,,,?

  9. untuk bor tembok dipakai rumah tangga baiknya pake yg tipe apa ya?trus ada tipe bor yg kecepatannya bisa d atur dan ada yg fix, itu bagus mana performanya?makasih

  10. Makasih atas infonya…memang saya rencana untuk membeli mesin bor..tapi bingung harus pilih yg mana..tapi setelah membaca artikel ini..saya lebih mengerti untuk membeli jenis mesin bor,,,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here